Saat Jokowi Mendadak Berikan Buku Tulis ke Anak-anak di Kuningan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 17:06 WIB
Presiden Joko Widodo melepas maskernya sebelum memberikan pernyataan pers tentang perkembangan terkini pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/8/2021). Presiden Joko Widodo memutuskan tetap memperpanjang kebijakan PPKM hingga 6 September 2021 meskipun perkembangan kasus COVID-19 semakin menunjukan tren penurunan. ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj.
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Setpres/Biro Pers dan Media)
Kuningan -

Sebuah video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan buku kepada anak-anak beredar di media sosial. Peristiwa itu terjadi saat Jokowi berkunjung di Kuningan, Jawa Barat.

Dalam video yang beredar itu, terlihat rombongan anak-anak yang berdiri di tepi jalan di Kuningan. Mereka tampak tak sabar menanti mobil berpelat 'Indonesia 1' yang ditumpangi Jokowi melintas.

Meski mobil yang ditumpangi masih jauh di belakang, anak-anak tersebut terlihat terus melambaikan tangan.

"Itu mobilnya?" tanya salah seorang anak di video.

"Itu yang pakai bendera," terdengar suara seorang perempuan menjawab.

Antusiasme anak-anak itu pun semakin besar saat mobil 'Indonesia 1' yang ditumpangi Jokowi mendekat. Mereka terdengar terus memanggil Jokowi sembari melambaikan tangan.

"Bapak, Bapak," suara anak-anak terdengar riuh.

Saat Jokowi Mendadak Berikan Buku Tulis ke Anak-anak di Kuningan (Foto: Tangkapan layar video viral)Saat Jokowi Mendadak Berikan Buku Tulis ke Anak-anak di Kuningan (Foto: Tangkapan layar video viral)

Jokowi yang melintas pun terlihat membuka kaca. Kemudian tanpa diduga, mobil yang ditumpangi Jokowi tampak terus melambat dan menghentikan laju kendaraan.

Dari dalam mobil, tampak Jokowi menyodorkan tumpukan buku ke anak-anak yang menyambut kedatangannya itu. Anak-anak itu pun terlihat langsung mengambil buku yang diberikan.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan buku yang dibagikan Jokowi ke anak-anak itu adalah buku tulis.

"Presiden Jokowi membagikan buku tulis ke anak-anak," kata Heru kepada detikcom, Selasa (31/8/2021).

Heru mengatakan peristiwa itu terjadi dalam kunjungan Jokowi di Kuningan. Kala itu, kata Heru, Jokowi tengah dalam perjalanan menuju ke lokasi vaksinasi di Ponpes Miftahul Falah, Kuningan.

"Bapak Presiden saat itu dalam perjalanan menuju lokasi pelaksanaan vaksinasi di Kuningan," ungkap dia.

(mae/fjp)