Mantan Bupati Karangasem Diperiksa Kejaksaan Terkait Dugaan Korupsi Masker

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 15:20 WIB
Mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri diperiksa Kejari terkait kasus korupsi masker. (Sui/detikcom)
Mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri diperiksa Kejari terkait kasus korupsi masker. (Sui/detikcom)
Karangasem -

Mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri diperiksa tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem terkait kasus dugaan korupsi masker di Dinas Sosial Kabupaten Karangasem. Mas Sumatri diperiksa sebagai saksi untuk memberikan keterangan.

"Ya untuk hari ini ada pemeriksaan saksi mantan Bupati Karangasem yang diperiksa oleh penyidik dalam memberikan keterangan terkait kasus masker di Kabupaten Karangasem," kata Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Karangasem I Dewa Gede Semara Putra kepada wartawan, Selasa (31/8/2021).

Menurut Semara Putra, saat ini penyidik telah memeriksa 60 saksi, dari perencanaan hingga rekanan.

"Untuk saat ini saksi yang sudah diperiksa oleh penyidik Kejaksaan Negeri Karangasem kurang-lebih 60 saksi," ujar Semara Putra.

Semara Putra menjelaskan, kasus dugaan korupsi pengadaan masker di Dinas Sosial Karangasem sudah berjalan 95 persen. Penyidik Kejari Karangasem juga telah menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menghitung kerugian negara.

"Sudah 95 persen dan kita sudah koordinasi atau penyidik sudah kordinasi dengan BPKP untuk menentukan kerugian negaranya," jelas Semara Putra.

Sebelumnya, tim penyidik Kejari Karangasem telah melakukan penggeledahan kantor Dinas Sosial dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karangasem untuk mencari bukti-bukti. Penggeledahan di Kantor Dinas Sosial Karangasem dilakukan kurang-lebih satu jam.

Dari hasil penggeledahan, penyidik menemukan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pengadaan masker, dari perencanaan hingga distribusi. Selain itu, telah memeriksa beberapa saksi untuk dimintai keterangan soal kasus dugaan korupsi masker di Dinas Sosial Karangasem.

"Hari ini tim penyidik kembali melakukan penggeledahan di kantor Dinas Sosial Karangasem, tim turun diamankan dari Polres Karangasem," kata Kasi Intel Kejari Karangasem I Dewa Gede Semara Putra, Kamis (27/5).

(nvl/nvl)