Menkes Buka Data 4 Negara Vaksinasi Tinggi tapi Mengalami Lonjakan COVID

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 20:28 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat agar Indonesia tetap waspada meskipun kasus konfirmasi di Indonesia sudah menurun dan vaksinasi berjalan lancar. Pasalnya, Budi menyebut beberapa negara di dunia dengan vaksinasi di atas 50 persen juga kini kembali mengalami lonjakan kasus Corona (COVID-19).

"Pertama saya ingin sampaikan ke teman-teman, jadi di negara negara lain di dunia, varian Delta ini menyebabkan kenaikan yang cukup tinggi, baik dari kasus konfirmasi maupun juga perawatan dan kematian, even (bahkan) buat negara-negara dengan coverage vaksinasi lengkap yang mendekati 50%, bahkan di atas 50%," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di kalan YouTube Kemenko Marves, Senin (30/8/2021).

Budi membeberkan 4 negara seperti Amerika Serikat (USA), Inggris, Israel, dan Jepang memiliki coverage vaksinasi di atas 50% namun mengalami lonjakan COVID-19. Karena itulah, Budi mengingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati.

"Di ratas tadi Pak Presiden beri pesan agar kita mensyukuri turunnya semua kasus konfirmasi dan BOR rumah sakit, beliau juga memastikan agar kita dipesankan agar kita tetap eling lan waspodo (ingat dan waspada), meski kita bersyukur tapi kita harus hati hati terutama melihat kondisi dari negara lain," ucapnya.

Berikut ini kondisi 4 negara di dunia yang dipaparkan oleh Menkes:

1. Amerika Serikat (AS) coverage vaksinasi 51%
- Kasus Konfirmasi Corona: 150 ribuan
- Perawatan Corona: 87.000
- Kasus Kematian Corona: 1.194

2. Inggris coverage vaksinasi 62%
- Kasus Konfirmasi Corona: 33.788
- Perawatan Corona: 6.186
- Kasus Kematian Corona: 107

3. Israel coverage vaksinasi 62%
- Kasus Konfirmasi Corona: 8.237
- Perawatan Corona: 1.405
- Kasus Kematian Corona: 26

4. Jepang coverage vaksinasi 43,9%
- Kasus Konfirmasi Corona: 23.066

"(Data) Ini beri pesan ke kita walau kita sudah turun dan vaksinasi kita berjalan lancar kita harus tetap hati-hati dan waspada seperti disampaikan Pak Presiden," ujar Budi.

Simak juga Video: Strategi Kemenparekraf Galakan Prokes Lewat Sentra Vaksinasi

[Gambas:Video 20detik]



(maa/dnu)