PPKM Level 3 Jakarta Diperpanjang, Ganjil Genap Masih Berlaku di 3 Titik

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 20:03 WIB
Aturan Ganjil genap untuk kendaraan pribadi di dua ruas jalan, yakni Jalan Asia Afrika dan Ir H Djuanda, Kota Bandung kembali diberlakukan. Masih banyak pengendara yang kebingungan melintas di jalur yang diberlakukan ganjil genap tersebut.
Ilustrasi ganjil-genap Jakarta (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang PPKM level 3 dan 4 di wilayah Jawa-Bali, termasuk aglomerasi Jabodetabek yang berstatus level 3. Seiring adanya kebijakan tersebut, penerapan ganjil-genap di 3 ruas jalan Jakarta juga masih diberlakukan.

"Gage (ganjil-genap) masih berlaku," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada detikcom, Senin (30/8/2021).

Sambodo menyebut tidak ada penambahan atau pengurangan titik ganjil-genap di Jakarta. Itu artinya, ganjil-genap tetap diterapkan di 3 wilayah, yakni di Jl Sudirman, Jl MH Thamrin, dan Jl HR Rasuna Said.

"Tetap 3 wilayah," ucapnya.

Ganjil-genap berlaku untuk seminggu ke depan sampai ada keputusan lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait status PPKM. Ganjil-genap berlaku setiap hari pada pukul 06.00-20.00 WIB.


PPKM Diperpanjang hingga 6 September

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan perpanjangan PPKM level 3 dan 4 di Jawa-Bali.PPKM level 3 dan 4 diperpanjang hingga 6 September 2021.

"Pemerintah memutuskan (perpanjangan PPKM) mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September," kata Jokowi dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8).

Jokowi menyebutkan, untuk Jawa-Bali terdapat Malang Raya dan Solo Raya yang masuk ke level 3. Sedangkan Semarang Raya turun ke level 2.

"Untuk wilayah Jawa-Bali terdapat penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke level 3 yakni Malang Raya dan Solo Raya sehingga wilayah yang masuk ke dalam level 3 pada penerapan minggu ini adalah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya, Malang Raya, dan Solo Raya," ucap Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan adanya tren penurunan kasus COVID-19 selama 1 minggu terakhir ini. Tingkat positivity rate terus menurun dalam 7 hari terakhir. Tingkat keterisian rumah sakit untuk kasus COVID semakin membaik, rata-rata BOR nasional sudah berada di sekitar 27 persen.

Simak Video: PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang hingga 6 September, Zona Level 4 Berkurang

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)