Dine-in Mal Kini 50 Persen, Jam Buka hingga 21.00

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 19:43 WIB
Jakarta -

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan penyesuaian aktivitas masyarakat terkini seusai perpanjangan PPKM hingga 6 September. Salah satunya menyangkut soal dine-in atau makan di tempat di dalam mal.

"Seiring dengan kondisi situasi COVID-19 yang semakin baik dan penggunaan PeduliLindungi yang terus berjalan, ada beberapa penyesuaian masyarakat yang bisa dilakukan," kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (30/8/2021).

Dine-in di mal kini menjadi 50 persen. Jam buka mal pun diperpanjang hingga pukul 21.00. Aturan ini berlaku untuk wilayah yang bisa membuka mal.

Selain itu, ada uji coba outlet restoran di Jakarta hingga Surabaya. Pembatasan pengunjung dilakukan. Berikut ini aturannya:

1. Penyesuaian kapasitas dine-in di dalam mal menjadi 50 persen dan waktu jam ops mal diperpanjang menjadi 21.00
2. Uji coba 1.000 outlet restoran di luar mal dan yang berada d ruang tertutup u bisa beroperasi dengan 25 persen kapasitas di Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Semarang

Perpanjangan PPKM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kabar baik mengenai perbaikan level PPKM di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali. Ada daerah yang ternyata sudah masuk level 1.

Dalam konferensi pers virtual, Senin (30/8), Jokowi mengumumkan Malang Raya dan Solo Raya turun ke PPKM level 3. Kabar baiknya, Semarang Raya yang menjadi level 2.

"Sehingga secara keseluruhan di Jawa Bali ada perkembangan yang cukup baik," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengumumkan data PPKM level di luar Jawa-Bali. Ada perkembangan baik juga yang disampaikan Jokowi.

"Untuk wilayah di luar Jawa Bali juga terjadi perbaikan," kata Jokowi sembari memerinci level 4 dari 7 provinsi menjadi 4 provinsi; level 4 dari 104 kabupaten kota menjadi 85 kabupaten-kota; level 3 dari 234 kabupaten-kota menjadi 232 kabupaten-kota; dan level 2 dari 48 kabupaten-kota menjadi 68 kabupaten-kota.

(gbr/tor)