Freeport Punya Core Value SINCERE, Apa Sih Maknanya?

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 12:31 WIB
PT Freeport Indonesia melakukan eksplorasi, menambang, dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia.
Foto: Alfito Deannova Ginting
Jakarta -

PT Freeport Indonesia (PTFI) baru-baru ini memperkenalkan core value SINCERE sebagai pedoman perusahaan untuk berkontribusi lebih di tengah pandemi. Memang apa sih maknanya?

Menurut Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, SINCERE merupakan pedoman spirit perusahaan untuk dibudayakan oleh seluruh sumber daya manusia yang terlibat dalam bisnis perusahaan dan terintegrasi pada semua level unit bisnis.

"SINCERE adalah singkatan lima nilai, yaitu Safety/Keselamatan, Integrity/Integritas, Commitment/Komitmen, Respect/Rasa Hormat, Excellence/Keunggulan," ujarnya kepada detikcom beberapa waktu lalu

Hal ini, kata Tony, sesuai dengan visi PTFI untuk menjadi perusahaan tambang kelas dunia yang menciptakan nilai-nilai unggul dan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

"Jadi kami melihat bahwa safety harus didukung oleh nilai-nilai lainnya agar tujuan atau sasaran dari perusahaan itu bisa lebih cepat tercapai," ucapnya.
Adapun ekstraksi makna dari SINCERE tersebut adalah sebagai berikut.

1. Safety adalah sikap keseharian setiap karyawan dalam mengutamakan keselamatan untuk diri sendiri, rekan kerja dan komunitas
2. Integrity yaitu jujur, terbuka dan bertanggung jawab.
3. Commitment adalah berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan dan komunitas tempat kami bekerja dalam jangka panjang
4. Respect ialah memperlakukan satu sama lain dan pihak yang berkepentingan secara hormat,
5. Excellence yaitu mengejar keunggulan dalam pekerjaan.

Nilai-nilai ini yang menuntun perilaku seluruh karyawan PTFI, yang juga selalu mengedepankan etika bisnis dalam setiap interaksi. Hal ini yang menjadi dasar tata Kelola (governance) perusahaan. Tony menegaskan bahwa capaian kinerja perusahaan tidak lepas dari penerapan kelima nilai perusahaan tersebut.

Simak juga video 'Keamanan Super Ketat Menuju Area Tambang Freeport di Tembagapura':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)