Rute Aceh-Jakarta Dialihkan ke Kualanamu, Batik Air Siapkan Pesawat Pengganti

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 29 Agu 2021 15:22 WIB
Lion Air, Batik Air dan Citilink
Ilustrasi pesawat Batik Air (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pesawat Batik Air rute Aceh-Jakarta mendarat darurat di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Batik Air mengaku telah mempersiapkan pesawat pengganti bagi penumpang pesawat yang mendarat darurat di Bandara Kualanamu.

"Batik Air telah mempersiapkan pesawat pengganti yang sudah berada di Kualanamu untuk melanjutkan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan tertulis, Minggu (29/8/2021).

Danang memastikan pesawat pengganti yang disiapkan telah menjalani pengecekan dan dinyatakan layak terbang. Batik Air, kata dia, juga akan mengakomodasi permintaan penumpang untuk mengubah jadwal atau mengembalikan dana tiket.

"Pesawat sudah menjalani pengecekan dan dinyatakan layak terbang dan beroperasi. Batik Air juga akan mengakomodir pilihan (opsi) sesuai permintaan tamu penerbangan ID-6897, antara lain perubahan jadwal keberangkatan (reschedule), pengembalian dana dari tiket (refund)," tuturnya.

Danang mengungkapkan Batik Air telah menyampaikan informasi terkini kepada penumpang. Batik Air saat ini juga tengah mempersiapkan pelayanan kompensasi keterlambatan keberangkatan.

"Batik Air telah menyampaikan informasi sesuai perkembangan terkini dan sedang mempersiapkan untuk pelayanan kompensasi keterlambatan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan yang berlaku," ujar Danang.

Sebelumnya, pesawat Batik Air rute Aceh-Jakarta mendarat darurat di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Batik Air penerbangan ID-6897, yang dioperasikan menggunakan Airbus 330-300 registrasi PK-LEL, itu membawa 271 tamu serta 2 (dua) awak kokpit dan 9 (sembilan) awak kabin.

Danang menegaskan pesawat itu sebelumnya telah menjalankan pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre-flight check) oleh awak kokpit (pilot) dan teknisi. Hasil pengecekan pada pesawat, bahwa dinyatakan layak terbang dan beroperasi (airworthiness for flight).

"Airbus 330-300 registrasi PK-LEL saat ini masih dilakukan proses pengecekan dan pemeriksaan oleh teknisi. Batik Air meminimalisir dampak yang timbul agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu," jelasnya.

Tonton juga Dita, Wanita 'Istimewa' Terlahir Tanpa Rahim

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)