Round-Up

Wanti-Wanti Ahli Waspada Corona di September Bisa Melonjak Lagi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 29 Agu 2021 05:32 WIB
Corona Virus test report Stock Image, Test tube
Foto: Getty Images/iStockphoto/Richard Maguluko


Kenaikan Kasus COVID Bisa Kapan Saja

Juru bicara Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi mengatakan kapan pun bisa terjadi. "Potensi kenaikan kasus COVID-19 akan selalu ada dan kapan pun bisa terjadi," kata Jodi saat dihubungi, Sabtu (28/8/2021).

Jodi mengatakan, berdasarkan pengalaman pemerintah menangani pandemi, untuk mengurangi kenaikan kasus, harus dilakukan isolasi terhadap warga yang positif dan dipisahkan dengan warga yang negatif. Selain itu, pemerintah akan melakukan upaya testing dan treatment terhadap warga.

"Terkait testing, kita terus mendorong upaya testing dan treatment, utamanya tracing kontak erat yang dibantu oleh tim TNI dan Polri sehingga dapat dideteksi secara dini," imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan tingginya angka kasus di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir, Jodi mengatakan saat ini sedang dilakukan perbaikan data, terutama yang tidak terlaporkan. Ia berharap persoalan terlambat pelaporan data dapat diselesaikan.

"Perlu diingat bahwa saat ini sedang dilakukan perbaikan data yang selama ini tidak dilaporkan oleh berbagai daerah. Maka dari itu, angkanya masih tinggi. Harapannya, semua data yang tidak dilaporkan dapat segera habis dan data-data pasien yang sudah lewat 14 hari bisa terverifikasi sehingga kita akan punya data riil," ujarnya.


(aik/aik)