Partai Ummat Pamerkan SK Kemenkumham Diiringi Tabuhan Beduk Amien Rais

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 16:46 WIB
Jakarta -

Partai Ummat memamerkan SK dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait pengesahan badan hukum Partai Ummat. Pengumuman soal SK itu diiringi tabuhan beduk oleh Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais.

"Kementerian Hukum dan HAM telah menerima surat permohonan dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Ummat No 01/DPP/.PU/6/2021 tanggal 23 Juni 2021 perihal permohonan pendaftaran partai politik baru," ujar Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi dalam konferensi pers yang digelar virtual, Sabtu (28/8/2021).

SK itu bernomor M.HH Kep.13.AH.11.01 tahun 2021 tentang Pengesahan Badan Hukum Partai Ummat. Dia mengatakan Partai Ummat kini resmi menjadi pemain di dunia politik.

"Partai Ummat juga akan berjuang maksimal untuk mewujudkan persatuan Indonesia. Partai Ummat akan melawan setiap usaha terbuka atau terselubung yang ingin membelah bangsa dan mengadu domba sesama anak bangsa. Insyaallah Partai Ummat akan selalu mengedepankan pentingnya musyawarah," kata Ridho.

Amien Rais kemudian memberikan sambutan. Dia mengatakan hak dan martabat rakyat saat ini semakin terinjak.

Karena itulah, katanya, Partai Ummat bakal berpedoman pada ajaran Islam dan berpegang teguh pada kebenaran. Dia menilai jurang pemisah antara orang kaya dan miskin semakin terlihat.

"Sesungguhnya yang kita hadapi adalah masalah sosial, masalah hukum, politik dan moral. Dewasa ini cenderung lebih berat karena himpitan mafia di segala bidang kehidupan semakin berat. Dalam 20 tahun terakhir jurang si kaya dan si miskin semakin dahsyat," tutur Amien Rais.

Dia kemudian bicara soal temuan dari Oxfam. Menurutnya, berdasarkan temuan Oxfarm, di Indonesia ada empat oknum yang kekayaannya sama besarnya dengan 100 juta rakyat Indonesia di lapisan bawah.

"Jadi memang temuan Oxfam ini tidak pernah dibantah pemerintah kita dan itu kita rasakan saat ini. Jadi saya akan mengatakan di sini bahwa insyaallah Partai Ummat akan semakin bertenaga dan semakin bergairah menghadapi masalah-masalah yang cukup besar. Yang jelas, kita tidak boleh putus harapan, apalagi kita punya orientasi perjuangan kita," ucapnya.

Amien Rais tampak menabuh beduk pada acara ini. Acara pengumuman tersebut ditutup dengan pembacaan doa.

(haf/haf)