Jokowi: Vaksinasi RI Nomor 4 di Dunia, Nggak Jelek-jelek Amat

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 13:25 WIB
Presiden Jokowi meninjau vaksinasi COVID-19 bagi pelajar di Samarinda, Kaltim bersama Menhan Prabowo Subianto. Begini potretnya.
Ilustrasi. Presiden Jokowi meninjau aktivitas vaksinasi COVID-19. (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Di hadapan para pimpinan partai politik pendukung koalisi pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan capaian vaksinasi di Indonesia. Peringkat vaksinasi di Indonesia nomor empat tertinggi di dunia.

"Kita ini dari 200, kurang-lebih 220 negara, peringkat kita nggak jelek-jelek amat," kata Jokowi sebagaimana terekam dalam video yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (28/8/2021).

Video itu merekam pertemuan Jokowi dengan partai koalisinya pada Rabu (25/8). Jokowi menjelaskan peringkat Indonesia mengungguli Meksiko, Jerman, dan Inggris.

"Kalau dihitung dari jumlah orang yang divaksin sampai hari ini (25 Agustus), kita sudah nomor 4. Nomor 1 India, nomor 2 Amerika, nomor 3 Brasil, kita nomor 4 Indonesia," kata Jokowi.

Pada kategori peringkat vaksinasi berdasarkan jumlah orang yang divaksin, Indonesia menempati peringkat ke-4 di dunia. Pada kategori peringkat vaksinasi berdasarkan jumlah suntikan, Indonesia menempati urutan ke-7 di dunia.

"Sampai hari ini sudah disuntikkan 91,9 juta dosis yang kita suntikkan. Nggak kalah dengan Jerman, Jepang, Brasil, Amerika, India, RRT," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan kasus harian COVID-19 mengalami penurunan, keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR/bed occupancy ratio) juga turun. Angka kesembuhan COVID-19 sudah di atas rata-rata dunia.

"Angka kesembuhan sudah di atas rata-rata dunia 89,5%. Indonesia di 89,97%," kata Jokowi.

Satu hal yang dia tekankan untuk diatasi adalah kasus kematian yang perlu ditekan.

Lihat juga Video: Anies Pamer Vaksinasi COVID-19 DKI Sudah 105%: Tetangga Masih 15%

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/idh)