Cerita Mega Semangati Jokowi untuk Tegar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 13:16 WIB
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)

Mega menyebut sosialisasi mengenai vaksin penting lantaran dirinya masih mendengar orang mempertanyakan mengapa pasien COVID-19 terpapar padahal sudah divaksin. Mega menyebut jawaban untuk pertanyaan itu adalah karena masyarakat tak berhati-hati setelah divaksinasi.

"Mengapa ada yang sudah divaksinasi bertanya, kok kena lagi. Karena ya sudah lupa kehati-hatian. Yang sangat populer sekarang adalah prokes. Itu sangat benar, Bapak. Kita sudah benar," ucap Mega.

"Makanya saya bilang tadi, jalur kita sudah betul. Apa yang membuat kita bisa seperti tadi yang Bapak katakan, karena ini menurut saya kita punya Pancasila. Pancasila ini kalau di lapangan gotong royong, alhamdulillah," lanjut Mega.

Mega yakin kondisi ekonomi Indonesia akan pulih asalkan masyarakat tetap mematuhi prokes. Dia pun menilai aturan terkait surat vaksinasi itu sangat efektif dalam mendisiplinkan masyarakat.

"Lalu bagaimana kondisi ekonominya? Saya sangat yakin. Tapi yang tolong dianjurkan terus adalah masyarakat ya harus tetap prokes. Untung sudah ada surat vaksinasi, nah itu saya kira sebuah bagian yang saya bilang sangat-sangat efektif," tutur Mega.

"Di sisi ekonomi, kalau menurut saya, kalau ini segera rakyat mengetahui bahwa vaksinasi ini bisa sangat berperan. Tapi tetap dengan prokes, kan begitu nih yang mesti diomongkan. Maka yang namanya kehidupan ekonomi, meskipun belum berjalan secara penuh, dapat dilakukan. Saya yakin," pungkas Mega.


(aud/idh)