Pemkot Bogor Akan Kaji Temuan Saluran Air Kuno di Dekat Stasiun Bogor

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 22:30 WIB
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyampaikan terkait penemuan bangunan tua oleh Tim Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor.
Foto: Dok. Pemkot Bogor
Jakarta -

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyampaikan terkait penemuan bangunan tua oleh Tim Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor. Bima mengatakan bangunan tersebut ditemukan di sekitar lokasi Alun-alun Kota Bogor.

"Tim Dinas @dinaspuprkotabogor yang sedang lakukan pemeriksaan saluran air di seputar lokasi pembangunan Alun-Alun Kota Bogor dan Masjid Agung Kota Bogor dekat Stasiun Bogor, laporkan penemuan bangunan tua di bawah tanah," ujar Bima dikutip dari Instagram @bimaaryasugiarto, Jumat (27/8/2021).

Dalam postingan tersebut, ia menjelaskan bangunan tersebut sekilas mirip saluran air. Bima menyebut Pemerintah Kota Bogor nantinya akan melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap bangunan tua tersebut.

"Bangunan ini mirip saluran air atau terowongan kecil. Terletak sekitar 2-3 meter di bawah permukaan tanah dan di bawah saluran air yang dibangun Pemkot tahun 90-an. Dari tampilan sekilas sepertinya dibangun di masa Belanda. Pemkot akan lakukan kajian lebih dalam untuk pastikan usia, fungsi dan luasan dari bangunan ini," katanya.

Sementara itu, Tim Dinas PUPR Kota Bogor melalui video yang diunggah Bima menjelaskan bangunan tersebut ditemukan saat pihaknya melakukan normalisasi saluran air di Jalan Nyi Raja Permas, Kecamatan Bogor Tengah.

"Mohon izin Pak Kadis, Pak Wali Kota, ini dari tim pemeliharaan sedang menormalisasi saluran di Jalan Nyi Raja Permas. Ini saluran yang baru dari arah Dewi Sartika, dari pasar. Kami menemukan bangunan lama, diduga bangunan zaman Belanda," paparnya.

(akn/ega)