Kapolri Minta Prokes Ketat untuk Cegah Penularan COVID Saat PON XX

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 16:21 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI dan Menpora cek venue PON XX
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI dan Menpora mengecek venue PON XX. (Foto: dok. Polri)
Merauke -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar protokol kesehatan (prokes) diterapkan dengan ketat saat PON XX nanti. Dia mengatakan penularan COVID-19 harus dicegah.

"Protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 saat PON dilakukan secara ketat," kata Sigit saat memimpin rapat Forkopimda Merauke di Merauke, Papua, Jumat (27/8/2021).

Sigit menuturkan penularan COVID-19 bisa dicegah dengan memaksimalkan jangkauan vaksin terhadap warga. Selain itu, langkah testing, tracing, dan treatment (3T) juga penting.

"Penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan 3T juga merupakan upaya untuk menekan laju pertumbuhan COVID-19. Strategi pengendalian COVID-19 bisa dengan menerapkan prokes ketat 3M, penguatan 3T dan percepatan program vaksinasi massal," ujar Sigit.

Sementara itu, Sigit berharap Forkopimda Merauke proaktif menyelesaikan permasalahan yang ada. Salah satunya soal kesiapan 44 lokasi pertandingan PON di 4 kabupaten/kota.

"Beberapa permasalahan dalam venue PON XX harus segera diselesaikan. Hal ini untuk mendukung pelaksanaan PON," ucap Sigit.

Seperti yang disampaikan Sigit saat bertemu Forkopimda Jayapura, dia juga menekankan PON XX berpotensi mengangkat roda perekonomian masyarakat setempat. Oleh sebab itu, faktor kesehatan di tengah pandemi COVID-19 harus diperkuat.

"PON XX Papua sukses dan lancar, investasi aman, pertumbuhan ekonomi meningkat, Papua semakin maju dan modern, masyarakat sehat sejahtera," tutur Sigit.

Selain memimpin rapat Forkopimda Merauke, Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau vaksinasi massal di kantor Bupati Merauke. Mereka juga menyalurkan bantuan sosial (bansos) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat.

Tak hanya itu, mereka juga mengecek langsung kesiapan pelaksanaan PON XX ke Stadion Katalpal, Merauke. Tujuannya, untuk melihat secara langsung kesiapan perhelatan olahraga tersebut.

(aud/fjp)