Satu Jam Waktu Paling Mustajab Berdoa di Hari Jumat dari Syeikh Ali Jaber

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 14:56 WIB
Syekh Ali Jaber meninggal dunia pagi tadi karena sakit Kamis, (14/1). Syekh Ali Jaber  adalah ulama besar dan penghapal Al-Quran yang lahir di Madinah.
Foto: pool/Satu Jam Waktu Paling Mustajab Berdoa di Hari Jumat dari Syeikh Ali Jaber.
Jakarta -

Ada satu jam di hari Jumat yang dianggap sebagai waktu paling mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW dalam hadistnya telah menjelaskan keistimewaan momen tersebut, sehingga jangan sampai dilewarkan umat Islam.

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

Artinya: "Di hari Jum'at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do'a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta." (HR Bukhari).

Syekh Ali Jaber dalam siaran YouTube di channel TAMAN SURGA.NET menjelaskan, siapa saja yang berdoa di saat itu maka doanya tidak tertolak. Allah SWT akan mengabulkan doa yang dipanjatkan hambaNya.

Dalam siaran berjudul 4 Amalan Paling Utama di Malam Jum'at yang diunggah pada (28/1/2021), ulama kharismatik ini menjelaskan para ulama masih beda pemahaman terkait momen tersebut. Namun beberapa hadist yang dianggap kuat merujuk pada satu momen khusus.

"Dari hadits yang paling kuat ada satu jam yang terakhir pada sore hari. Jika maghrib pada pukul 18.00, maka mulainya dari jam 17.00. Intinya satu jam sebelum maghrib silahkan berdoa," kata Syekh Ali Jaber yang lahir dan besar di Madinah.

Umat muslim tidak perlu terus berdoa selama satu jam terakhir menjelang maghrib. Tiap muslim bisa berdoa selama 10 menit atau sesuai kebutuhannya. Yang jelas di penghujung waktu sholat ashar hari Jumat tersebut, umat muslim harus berdoa dan jangan sampai melewatkannya.

Syekh Ali Jaber menjelaskan, saking istimewanya momen tersebut maka seluruh kegiatan terkait pendidikan di Madinah berhenti. Para murid dan guru meninggalkan buku, ceramah, hingga studinya untuk berdoa selama satu jam tersebut.

Hari Jumat sejatinya memang menyimpan banyak kemuliaan bagi umat Islam. Selain berdoa, Syekh Ali Jaber menyarankan tiap musim menjalankan tiga amalan lain. Ketiganya adalah membaca sholawat, surat Al Kahfi, dan sedekah di subuh hari.

Untuk surat Al Kahfi yang terdiri dari 110 ayat, Syekh Ali Jaber menyarankan untuk mencicilnya sepanjang hari. Surat Al Kahfi yang dibaca sedikit demi sedikit terasa lebih ringan, dibanding satu surat sekaligus.

Gimana detikers, sudah siap berdoa di satu jam paling mustajab pada hari Jumat? Semoga doanya diijabah Allah SWT ya.

(row/erd)