Bantu Penanganan COVID-19 di Papua, Kapolri Sumbang Oksigen Generator

Khoirul Anam - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 13:26 WIB
Polri
Foto: dok. Polri
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan bantuan satu unit oksigen generator untuk penanganan dan pengendalian COVID-19 di Papua. Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi masyarakat bumi Cenderawasih.

Penyerahan bantuan dalam rangka kunjungan Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke kegiatan vaksinasi massal di SDN Inpres Harapan atau Sekolah Lentera Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua pada hari ini.

"Alat itu memiliki kemampuan pengisian per hari sebanyak 12 tabung oksigen ukuran 6 m3 atau 72 tabung oksigen untuk ukuran 1 m3," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).


Dalam kesempatan itu, mantan Kapolda Banten ini juga menyerahkan bantuan sosial (bansos) dari Presiden Joko Widodo kepada masyarakat yang perekonomiannya paling terdampak akibat Pandemi COVID-19.

"Ini ada bantuan dari Pak Presiden. Semoga bermanfaat ya," ujar Sigit.

Panglima dan Kapolri melanjutkan tinjauannya pada kegiatan vaksinasi massal di GOR Waringin Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Pada kesempatan itu, Sigit menyebut masyarakat Papua sangat antusias untuk mendapatkan suntikan vaksin. Terbukti dari capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua yang dipaparkan oleh Dinkes setempat.

"Kami dapatkan laporan dari Bu Dinkes bahwa target capaian vaksinasi dosis pertama sudah 47% dan kedua 29%. Kami sangat senang dengar, itu artinya antusiasme masyarakat untuk dapatkan vaksinasi makin hari makin bertambah," ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Sigit berharap, peserta vaksinasi mau mengajak masyarakat Papua lainnya untuk melakukan vaksinasi. Hal itu, kata dia, bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh terhadap virus corona.

Apalagi, kata Sigit, Papua akan menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX. Oleh karena itu, percepatan vaksinasi harus dikejar agar laju pertumbuhan virus corona dapat ditekan.

"Apalagi sebentar lagi Papua akan laksanakan PON. Sehingga dengan vaksin, maka potensi bisa terkena penularan COVID-19 bisa dicegah dan bisa ditangkal karena kita sudah memiliki imunitas. Jadi sampaikan ke saudara, mama, pace, dan semuanya untuk berbondong-bondong laksanakan vaksin sehingga PON lancar," tutupnya.

(prf/ega)