Analisis Gabungnya PAN ke Koalisi Jokowi dan Wacana Amendemen UUD 1945

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 08:33 WIB
Direktur Eksekutif Puskapol UI Aditya Perdana
Aditya Perdana (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan 7 ketua umum dan sekjen partai koalisi untuk membicarakan sejumlah hal. Pertemuan yang dihadiri oleh Partai PAN itu juga menjadi simbol bergabungnya mereka ke lingkar pemerintahan.

Pertemuan ke-7 pimpinan partai tersebut pun disangkutpautkan dengan berbagai hal salah satunya tujuan amendemen UUD 1945. Benarkah demikian?

Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) LPPSP FISIP UI, Aditya Perdana, menjelaskan terkait adanya potensi amendemen UUD 1945 menjadi perbincangan. Dia awalnya menyinggung bersatunya PAN ke dalam pemerintahan kini makin mempermudah pemerintah dalam membuat kebijakan.

"Pertemuan tersebut menjadi titik awal yang eksplisit tentang keterlibatan PAN sebagai bagian dari koalisi Pemerintahan. Artinya, kekuatan koalisi pemerintahan memang dominan di lembaga legislatif dan eksekutif sehingga ada harapan pembuatan kebijakan menjadi lebih mudah," kata Aditya dalam keterangannya, Kamis (26/8/2021).

Aditya menyebut memang sejumlah pihak yang ikut dalam pertemuan tersebut telah membantah adanya pembicaraan berkaitan dengan amendemen UUD 1945. Tak hanya itu, berdasarkan pengakuan berbagai pihak, kata dia, pembicaraan memang berkaitan evaluasi tata kelola pemerintahan di masa pandemi.

"Dalam pertemuan tersebut sudah dijabarkan berbagai poin utama pembicaraan yang terkait dengan evaluasi tata kelola pemerintahan di masa pandemi dan tantangan yang dihadapi, namun ada upaya dari kalangan koalisi parpol tersebut menolak pembicaraan ini dikaitkan dengan adanya rencana amendemen UUD 1945 yang memang juga ramai dibicarakan," ucapnya.

Namun Aditya menduga tidak tertutup kemungkinan agenda amendemen UUD 1945 juga dibicarakan. Dia beralasan topik amendemen UUD 1945 beririsan dan memang tengah ramai menjadi pembicaraan semenjak beberapa hari belakangan.

"Dugaan saya, arah pembicaraan koalisi memang terkait dan memiliki relasi yang kuat dengan agenda amendemen tersebut karena topiknya beririsan dan dari sisi waktu memang berdekatan dengan pembicaraan topik serupa beberapa minggu lalu yang diangkat oleh media," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'PAN Ungkap Isi Pertemuan dengan Jokowi di Istana Bersama Parpol Koalisi':

[Gambas:Video 20detik]