Ayah yang Paksa Anak Merokok di Labura Sumut Ditangkap

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 19:43 WIB
Pria yang paksa anak merokok di Labuhanbatu Utara, Sumut, ditangkap (Ahmad Fauzi Manik/detikcom)
Pria yang memaksa anak merokok di Labuhanbatu Utara, Sumut, ditangkap. (Ahmad Fauzi Manik/detikcom)
Labuhanbatu Utara -

Seorang ayah berinisial SM (28) yang memaksa anak balitanya merokok akhirnya ditangkap polisi. Akibat perbuatannya, SM terancam hukuman penjara maksimal selama 10 tahun.

"Tidak memakan waktu yang cukup lama, tim kami bisa mengamankan terduga pelaku, kemudian bisa menghubungi pelapor (ibu balita) dan mengungkap apa yang menjadi motif pelaku melakukan perbuatan tersebut," kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan di Mapolres Labuhanbatu, Kamis (26/8/2021).

Usia sang anak yang berinisial SNM belum genap dua tahun. Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Rabu (25/8) siang berkat laporan ibu korban, NH, ke polisi.

Polisi menyelidiki kasus ini dan berhasil menangkap SM di rumahnya yang terletak di Pulo Hopur, Desa Silumajang, Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumut.

Deni menceritakan peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (18/8) malam pukul 20.30 WIB. Di mana ketika itu NH yang sedang tiduran dikirimi pesan singkat oleh SM, yang berbunyi 'Angkat dulu teleponku, mau bicara anak kita'.

Setelah pesan singkat melalui WhatsApp tersebut dibaca NH, SM pun melakukan panggilan video. Setelah tersambung, SM berkata, "Lihat ini anakmu, rindu dia samamu," sambil mengarahkan kamera ke wajah anak mereka.

NH pun kemudian berkomunikasi dengan anaknya. Tak lama kemudian, SM menyela dan berkata kepada NH, "Kau mau lihat anakmu hancur?" lalu mengambil sebatang rokok dan memberikannya kepada anaknya sambil berkata, "Nah, Nak, merokok kau nah."

Sang anak kemudian mengambil rokok yang diberikan ayah itu. Melihat itu, NH kemudian berkata, "Yang hebatlah (keterlaluan) kau, kalau mau kau siksa dia antarkanlah dia pulang (Kepada NH)."