Istana Ungkap Momen Jokowi Beri Jalan Ambulans untuk Mendahului

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 13:35 WIB
Ambulans salip rombongan Presiden Jokowi
Momen ambulans saat menyalip rombongan mobil Jokowi (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sebuah video yang menunjukkan rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi jalan kepada ambulans saat melintas di Jl DI Panjaitan, Samarinda, Kalimantan Timur, viral di media sosial. Sekretariat Presiden mengatakan, Jokowi memang sengaja memberi jalan ambulans untuk menyalip.

"Ya memang diberi jalan untuk bisa ambulance mendahului," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada detikcom, Kamis (26/8/2021).

Heru mengungkapkan, saat itu Jokowi mendengar bunyi sirene meraung-raung. Jokowi pun langsung menyadari bahwa raungan sirene itu berasal dari ambulans. Sebab, rombongan mobil kepresidenan tak menggunakan sirene.

"Presiden mendengar ada sirene ambulans dari belakang, (rangkaian presiden tidak menggunakan sirene), berarti itu ada sirene khas ambulans yang harus didahului, yang tentunya sedang bertugas membawa pasien," jelasnya.

"Ambulance dan mobil pemadam kebakaran harus diutamakan," imbuh Heru.

Kasetpres Heru Budi Hartono (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)Kasetpres Heru Budi Hartono (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Karena itulah, rombongan Jokowi langsung memberi jalan untuk ambulans agar dapat segera mendahului rangkaian.

"Maka rangkaian Presiden memberi jalan untuk didahului (melintas) rangkaian," kata Heru.

Dalam video yang beredar, mulanya tampak rangkaian mobil Jokowi melintas di jalan. Rangkaian mobil Jokowi tampak berjalan pelan. Bahkan mobil berpelat merah 'Indonesia 1' yang ditumpangi Jokowi tampak memberi jalan dengan menyingkir ke sebelah kanan.

Ambulans itu kemudian terlihat dari belakang melewati rombongan Jokowi dari sebelah kiri. Suara sirene tampak sesekali terdengar dibunyikan.

"Jokowi lewat.. Jokowi lewat.. ndak tau yang mana ini mobilnya, nih (mobil berpelat Indonesia melintas).. Pak Jokowi!," suara dari video tersebut.

Sopir ambulans yang menyalip rombongan Jokowi menceritakan detik-detik momen itu terjadi. Simak di halaman berikut.

Simak Video: Viral Rombongan Jokowi di Kaltim Disalip Ambulans

[Gambas:Video 20detik]