Etos Kerja dalam Islam, Bukan Sekadar Demi Cuan

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 11:07 WIB
Ilustrasi ibu hamil bekerja dan ceria
Foto: Nurvita Indarini/Etos Kerja Dalam islam, Bukan Sekadar Demi Cuan.
Jakarta -

Etos kerja dalam Islam menempatkan muslim tak sekadar melakukannya demi cuan. Kerja keras bagai kuda bukan tujuan utama seorang muslim. Kerja, ibadah, dan hubungan baik dengan lingkungan sekitar harus selalu berjalan seimbang.

Dikutip dari situs MUI, bagi seorang muslim bekerja merupakan kewajiban untuk menggapai ridha Allah SWT. Dengan pemikiran tersebut, kerja dilakukan sebaik mungkin untuk memberi manfaat lingkungan sekitar serta bagian amanah Allah SWT.

"Dalam Islam, etos kerja adalah semangat atau motivasi kerja yang dilandasi semangat beribadah kepada Allah SWT. Jadi kerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah SWT," tulis MUI dilihat detikcom Selasa (24/8/2021).

Sejalan dengan penjelasan MUI, Nurcholis Madjid menjelaskan Islam adalah agama amal atau kerja. Inti ajarannya adalah, seorang hamba mendekati atau berusaha memperoleh ridho Allah SWT melalui kerja, amal sholeh, dan memurnikan penyembahan hanya kepadaNya.

"Etos kerja dalam Islam adalah hasil suatu kepercayaan seorang muslim, yang meyakini kerja punya kaitan dengan tujuan hidupnya. Yaitu memperoleh perkenan Allah SWT," ujar Nurcholis seperti dikutip dalam artikel berjudul Etos Kerja Dalam Islam (Peluang dan Tantangan Profesionalisme Masyarakat Muslim dalam Era Modern)

Tulisan ini adalah karya dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh, Tarmizi Gadeng, yang dipublikasikan dalam Jurnal Mentari. Artikel juga mengutip pendapat Toto Tasmara yang mengatakan, manusia yang bekerja sesungguhnya memanusiakan dirinya.

"Definisi etos kerja dalam Islam adalah cara pandang bekerja bukan saja untuk memuliakan diri, tetapi juga sebagai suatu manifestasi dari amal shaleh sehingga mempunyai nilai ibadah yang sangat luhur," tulis Toto Tasmara.

Dengan penjelasan tersebut, etos kerja dalam Islam memiliki ciri. Dikutip dari tulisan berjudul Etos Kerja dalam Islam karta Mashur Malaka dan IAIN Kendari, ada lima ciri etos kerja dalam Islam.

Ciri-ciri etos kerja dalam Islam:

  1. Profesional
  2. Tekun
  3. Jujur
  4. Amanah
  5. Kreatif.

Semoga ciri-ciri etos kerja dalam Islam dan pengertiannya bisa selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ya detikers.

(row/erd)