Sholat Khusuf Dibedakan Menjadi Berapa Macam? Ini Jawabannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 06:00 WIB
Melihat Suasana Sholat Gerhana di Masjidil Haram Makkah
Foto: Twitter @HaramainInfo/Sholat Khusuf Dibedakan Menjadi Berapa Macam? Ini Jawabannya.
Jakarta -

Sholat khusuf dibedakan menjadi dua macam yaitu khusuf dan kusuf, yang merujuk pada jenis fenomena gerhana. Kusuf digunakan untuk menyebut gerhana matahari, sedangkan khusuf merujuk pada gerhana bulan.

Dikutip dari eprints Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, dengan perbedaan ini maka niat sholat yang diucapkan tidak sama. Niat diucapkan sesuai jenis gerhana dan sholat yang ditunaikan.

Niat sholat kusuf dan khusuf dalam Arab serta latin

A. Bacaan niat sholat kusuf

أُصَلِّيْ سُنَّةًَ لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Arab latin: Ushalli sunnatal likusuufissyamsi rak'ataini lillahi taa'ala

Artinya: "Aku niat shalat sunnah gerhana matahari dua rakaat karena Allah ta'ala."

B. Bacaan niat sholat khusuf

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ مَأمُومًا لله تَعَالَى

Arab latin: Ushalli sunnatal khusuf rak'ataini makmuman lillahi ta'ala

Artinya: "Saya salat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai makmum karena Allah SWT."

Dalam kitab Fathu Al-Bari Sharah Sahih al-Bukhari karya Ibn Hajar al 'Asqalani dijelaskan, sholat khusuf dibedakan menjadi dua macam sering digunakan ahli fikih. Secara bahasa, kusuf berarti berubah menjadi hitam (gelap) sedangkan khusuf berarti kekurangan atau kehinaan.

Dengan penjelasan tersebut, makna kusuf dan khusuf sebetulnya nyaris sama meski tidak bisa disebut sinonim. Perbedaan kusuf dan khusuf juga dinilai sesuai kaidah astronomi. Kusuf artinya menutupi, sedangkan khusuf berarti memasuki.

Kata kusuf menggambarkan fenomena alam saat bulan menutupi matahari yang dilihat dari bumi, sehingga terjadi gerhana matahari. Sedangkan khusuf menjelaskan peristiwa angkasa ketika bulan memasuki bayangan bumi, hingga menjadi gerhana bulan.

Sebetulnya dalam istilah bahasa Arab, khusuf dan kusuf sama-sama bisa digunakan untuk menjelaskan gerhana. Kedua kata bermakna perubahan dan berkurangnya sinar matahari dan bulan.

Kata kusuf dan khusuf digunakan pada hadis-hadis sahih. Gimana detikers, sudah terjawab ya pertanyaan sholat khusuf dibedakan menjadi berapa macam? Semoga jika kelak ada gerhana, kamu bisa melakukan ibadah ini ya.

(row/erd)