'Before-After' Coretan Vandal di JPO Instagrammable Bunsen Dihapus

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 17:22 WIB
Masalah Coretan Vandal di JPO Instagramable Bunsen TUNTAS
Ilustrasi (Fuad Hasim/detikcom)

Kondisi JPO

Before

Pada Senin (23/8/2021) pukul 17.15 WIB, JPO yang juga menjadi akses masuk halte TransJakarta Bundaran Senayan ini tampak tercoret dengan tinta hitam di bagian pagar JPO. Ada dua coretan dengan motif yang sama. Jika pengguna akan turun dari JPO, coretan itu terletak di sebelah kanan.

Kondisi ini membuat risi pengguna JPO tersebut meskipun coretan itu disebut kecil dan tidak mencolok.

"Risi sih sebenarnya, tapi untungnya kecil ini coretannya, nggak begitu mengganggu secara keseluruhan," kata Winna (22), seorang pengguna JPO yang melintas.

JPO Bundaran Senayan di Jl Sudirman jadi sasaran aksi vandal.JPO Bundaran Senayan di Jl Sudirman jadi sasaran aksi vandal. (Athika Rahma/detikcom)

After


Bina Marga Provinsi DKI Jakarta menghapus coretan viral itu pada Senin (23/8) pukul 19.27 WIB. Dua titik coretan dihapus oleh Satgas Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Utilitas Kota Bidang PSUK.

Pada Selasa (24/8/2021), pukul 11.15 WIB, dua objek cincin kotak yang melingkari JPO ini tampak lebih bersih daripada objek lainnya. Sebelumnya, di dua titik ini, terdapat coretan tinta hitam hasil perilaku vandalisme.

Salah seorang pengguna JPO, Dewi (30) mengaku tidak menyadari jika ada coretan-coretan yang mengganggu estetika JPO ini. Namun, dia berharap coretan-coretan kecil itu tidak dibiarkan agar tak menjadi besar.

"Jujur, nggak ngeuh, tapi kalau dibiarin, bisa keterusan dan jadi merusak fasilitas umum," ujarnya.

JPO Budaran Senayan telah berih dari tindakan vandalisme.JPO Bundaran Senayan telah bersih dari tindakan vandalisme. (Athika Rahma/detikcom)

(aik/aik)