detikcom Do Your Magic

JPO Instagrammable Bundaran Senayan Kembali Bersih Usai Coretan Dihapus

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 12:39 WIB
JPO Budaran Senayan telah berih dari tindakan vandalisme.
JPO Budaran Senayan telah bersih dari tindakan vandalisme. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Kondisi jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran Senayan, dekat Ratu Plaza di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, kini kembali bersih. Sebelumnya, JPO Instagrammable itu sempat jadi korban vandalisme pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (24/8/2021), pukul 11.15 WIB, dua objek cincin kotak yang melingkari JPO ini tampak lebih bersih daripada objek lainnya. Sebelumnya, di dua titik ini, terdapat coretan tinta hitam hasil perilaku vandalisme.

Coretan dihapus oleh petugas Satgas Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Utilitas Kota Bidang PSUK. Mereka menghapusnya pada Senin (23/8), pukul 19.27 WIB.

JPO Instagrammable ini menjadi akses pengguna jalan untuk menggunakan halte TransJakarta Bundaran Senayan. Karena bentuknya yang unik dan menarik, tak jarang JPO ini menjadi spot selfie bagi mereka yang melintas.

Salah satu pengguna JPO, Dewi (30) sering menggunakan JPO ini karena kantornya berada tak jauh dari lokasi. Dia mengaku tidak menyadari jika ada coretan-coretan yang mengganggu estetika JPO ini.

"Jujur nggak ngeuh, tapi kalau dibiarin bisa keterusan dan jadi merusak fasilitas umum," ujarnya.

Senada dengan Dewi, Anton (28) mengaku cukup jarang melihat JPO ini dicoret-coret. Tapi, dia sering menyaksikannya di fasilitas umum lain.

"Mungkin karena ini di tengah kota, jadi langsung dibersihin ya. Kalau minggir-minggir lagi pasti banyak itu vandalisme, terutama di halte-halte pinggir jalan yang nggak kerawat," katanya.

Anton berharap JPO dan fasilitas publik lain bisa mendapatkan perawatan rutin agar membuat pengguna merasa nyaman.

"Karena ini kan dibuat pakai uang rakyat, rakyat yang nikmati, kalau rusak atau kotor gimana rakyat bisa nikmati dengan baik gitu," paparnya.

(aik/aik)