ADVERTISEMENT

Ketum-Pengurus PPP Siap Angkat Yatim Korban COVID-19 Jadi Anak Asuh

Jihaan Khoirunissa - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 09:27 WIB
PPP
Foto: PPP
Jakarta -

Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan sejumlah pimpinan PPP mengangkat anak-anak yatim yang orang tuanya meninggal karena terpapar COVID-19 menjadi anak asuh. Anak asuh tersebut berasal dari berbagai daerah, di antaranya Jakarta, Serang, Sumedang, Bogor, Banjarmasin, Makassar, Palu, Balikpapan, Lombok, Jombang, Rembang, Bangkalan, Bandung, Padang, Medan dan sejumlah daerah lain.

"Ketum Suharso mengapresiasi kegiatan Semarak Muharram 1443 H oleh para kader PPP di seluruh Indonesia dan beliau siap menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yatim yang orang tuanya meninggal karena Corona," ujar Wakil Ketua Umum PPP Ermalena Muslim dalam keterangan tertulis, Selasa (24/8/2021).

Kebijakan Ketum Suharso ini menurut Ermalena Muslim tidak hanya dilakukan Suharso, namun juga menjadi kebijakan DPP PPP yang diikuti oleh DPW dan DPC di seluruh Indonesia.

"Jadi kita minta semua pengurus dan simpatisan PPP di semua tingkatan melakukan hal sama, menjadikan para anak yatim korban COVID-19 sebagai anak asuh, agar kehidupan masa depan mereka terjamin, terutama pendidikannya," kata Mantan Ketua PP Fatayat NU ini.

Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi menambahkan pandemi merupakan bencana nasional sehingga membutuhkan ulur tangan semua pihak untuk membantu pemerintah dalam mencari solusi bersama. Solusi tersebut bukan hanya upaya mengingatkan semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan atau memberikan bantuan. Tapi ikut mengasuh anak-anak yatim korban COVID-19.

"Anak-anak yatim tersebut bukan hanya membutuhkan dana, namun juga perhatian psikologis agar mereka tetap memiliki semangat menatap masa depan yang cerah," katanya.

Arwani menilai banyak kader yang bersedia untuk menjadi orang tua asuh di berbagai daerah. Ia berharap, inisiatif menjadi orang tua asuh ini bisa diikuti oleh pihak-pihak lainnya, sehingga masalah kesejahteraan anak-anak yatim mendapatkan perhatian lebih.

"Kepada semua pihak, khususnya umat Islam, marilah kita ikut menjadi orang tua asuh, karena memperhatikan anak yatim adalah perintah agama yang jelas disampaikan dalam al-Quran. Saya yakin anak-anak asuh kita bisa menjadi kader-kader yang berguna bagi agama, dan bangsa," pungkas Arwani.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT