Round-Up

5 Fakta Temuan Kotak Serupa Bom Ternyata Tak Berbahan Peledak

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 07:00 WIB
Polisi olah TKP di lokasi penemuan benda dicurigai bom di Bekasi (dok.istimewa)
Tim Gegana olah TKP di lokasi penemuan benda dicurigai bom di Bekasi (dok.istimewa)
Bekasi -

Warga di Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, digegerkan dengan adanya penemuan benda mirip bom. Namun setelah dicek oleh Tim Gegana, benda tersebut tidak mengandung bahan peledak.

Benda berupa kotak yang dibungkus plastik hitam itu ditemukan warga pada Senin (23/8) sekitar pukul 07.00 WIB. Benda tersebut ditemukan oleh warga di dalam sebuah tong sampah di Jl Caman Raya, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Namun setelah benda tersebut didisposal, ternyata tidak ada kandungan bahan peledak di dalamnya. Benda tersebut hanya berupa dummy yang diisi paku-paku.

"Menyerupai bom tetapi tidak mengandung bahan peledak. Bentuknya dibungkus dengan kantong plastik hitam kotak," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi kepada wartawan di lokasi, Senin (23/8/2021).


Berikut fakta-fakta penemuan benda mirip bom tersebut:

1. Ditemukan di dalam Tong Sampah

Benda tersebut ditemukan di dalam tong sampah. Awalnya, saksi curiga setelah melihat ada 3 orang yang mencurigakan membuang sesuatu ke dalam tong sampah.

"Orang ada tiga orang menaiki dua sepeda motor melakukan pembuangan barang ke tong sampah kemudian warga melihat mendekati tong sampah tersebut dan curiga benda itu," jelas Aloysius.

2. Benda Mencurigakan Didisposal

Tim Gegana kemudian melakukan disposal terhadap benda mencurigakan tersebut untuk memastikan kandungan apa yang ada di dalamnya.

"Benda itu didisposal," tutur Aloysius.

Terjadi ledakan saat dilakukan disposal. Menurut Aloysius hal ini memang kerap terjadi ketika proses disposal dilakukan, namun bukan ledakan dari bahan peledak.

"Suara ledakan itu berasal dari alat disposal bukan dari benda itu," katanya.

Seorang warga, Mikel, menerangkan ia mendengar ledakan terdengar satu kali, diduga berasal dari proses disposal benda mencurigakan.

"Dengar ledakan sekali," kata Mikel.

Mikel menyebut suara ledakan cukup kencang.

"Suaranya kencang, radius 100 cm, getar suara," lanjutnya.

Simak fakta lain di halaman selanjutnya

Simak video 'Benda Mirip Bom di Bekasi Dibuang Orang Bermotor Berisi Kabel':

[Gambas:Video 20detik]