ADVERTISEMENT

Bacaan Niat Sholat Tahajud Beserta Artinya Lengkap Keutamaannya

Rahma Indina Harbani - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 02:49 WIB
One day One Hadits Keutamaan sholat malam Lailatul Qadr
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Salah satu amalan sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Muharram adalah sholat tahajud. Sholat ini merupakan salah satu ibadah sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Untuk melaksanakannya, ada niat sholat tahajud yang harus dibaca.

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah tidur meskipun hanya sebentar. Dikutip dari buku Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW karya Ustadz Arif Rahman, sholat sunnah ini tidak dapat disebut sebagai sholat tahajud bila tidak didahului dengan tidur. Melainkan hanya disebut dengan sholat malam biasa.

Adapun cara mengerjakan sholat tahajud sama seperti sholat sunnah lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada bacaan niat saja. Berikut bacaan niat sholat tahajud beserta artinya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Beserta Artinya

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Ushalli sunnata-t-tahajjudi rak'ataini lillahi ta'ala. Allahu akbar

Artinya: Saya beriniat mengerjakan sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allah Maha Besar.

Selain sebagai ibadah sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah, sholat tahajud memiliki berbagai keutamaan. Dikutip dari buku 4 Shalat Dahsyat (Tahajud, Fajar, Subuh, Dhuha) yang ditulis oleh Puspa Swara dan Ahmad Erkan, terdapat empat keutamaan dalam sholat tahajud sebagai buah usaha untuk bangun di malam hari, di antaranya:

1. Dijanjikan tempat terpuji

Keutamaan pertama adalah mendapat kemuliaan dari Allah SWT. Kemuliaan ini berupa janji Allah kepada orang yang mengerjakan sholat tahajud untuk ditempatkan ke dalam gologan orang-orang terpuji.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan pada sebahagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al Isra: 79).

2. Waktu paling dekat dengan Allah

Di antara waktu-waktu yang mustajab untu berdoa yakni sepertiga malam. Sholat tahajud adalah satu di antara waktu tersebut. Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk pendekatan diri dari hamba kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

"Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR. Muslim).

3. Dijanjikan surga

Surga Allah hanya akan diberikan kepada orang yang bersungguh-sungguh di jalan-Nya. Termasuk bagi orang yang mengabiskan waktu malamnya dengan sholat tahajud. Sebagaimana dalam suatu riwayat hadits:

"Dirikanlah sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian," (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Hakim).

4. Jaminan ampunan

Keutamaan terakhir yang Allah berikan kepada orang yang mengerjakan sholat tahajud adalah jaminan ampunan dari-Nya. Salah satu hadits yang menegaskan hal tersebut adalah sebagai berikut:

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنْ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

Artinya: "Hendaklah kalian mengerjakan qiyamullail (sholat tahajud), karena hal itu merupakan kebiasaan orang sholeh sebelum kalian. Qiyamullail (tahajud) itu mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari perbuatan dosa, menghapus kesalahan-kesalahan, serta mencegah penyakit dari tiubuh." (HR. Ahmad, Tirmidzi, Hakim).

Setelah mengetahui keutamaan-keutamaan di atas, jadi jangan lupa amalkan sholat tahajud dan bacaan niat sholat tahajud beserta artinya ya. Semoga bermanfaat, Sahabat Hikmah.

(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT