Jokowi Minta Ada Intervensi Lapangan untuk Tingginya Angka Kematian

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 20:35 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan khusus untuk mengintervensi tingginya angka kematian akibat COVID-19 dengan membawa pasien Corona ke tempat isolasi terpusat. Luhut menyebut penyebab naiknya angka kematian itu adalah telatnya penanganan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

"Terkait angka kematian yang masih tinggi di beberapa wilayah ini dalam arahannya Presiden meminta syarat khusus untuk dilakukan pengecekan dan intervensi di lapangan," kata Luhut dalam jumpa pers secara virtual, Senin (23/8/2021).

Luhut menyebut penyebab tingginya angka kematian itu adalah masih banyak pasien yang positif Corona untuk melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan. Jadi pasien yang menjalani isoman itu telat mendapatkan penanganan.

"Saat ini penyebab tingginya angka kematian adalah masih enggannya masyarakat untuk melakukan isolasi terpusat hingga terjadi perburukan ketika melakukan isolasi mandiri yang menyebabkan telatnya mereka dibawa ke fasilitas kesehatan," jelas Luhut.

Pemerintah mengimbau warga yang positif Corona menjalani isolasi terpusat. jadi mereka akan mendapatkan penanganan dengan baik.

"Untuk itu, lagi-lagi pemerintah terus mengimbau dan mengajak masyarakat untuk terkonfirmasi positif COVID-19 agar dapat segera masuk ke dalam pusat-pusat isolasi yang telah disiapkan oleh pemerintah dan dijamin juga obat-obatan, tenaga kesehatan, dan makanan," kata dia.

Luhut menekankan bahwa positif Corona bukanlah aib. Dia juga mengajak masyarakat saling menjaga diri dari penularan Corona.

"Dan izinkan saya menyampaikan bahwa positif COVID-19 bukanlah aib yang harus ditutupi, mari cegah sedini mungkin supaya kita tentunya saling menjaga dan menghindar dari pandemi ini," kata dia.

Tonton video 'Update Corona RI Per 23 Agustus: Tambah 9.604 Kasus dan 842 Kematian':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/fjp)