Jokowi: Kasus COVID-19 Turun, Kesembuhan Naik, BOR Turun

ADVERTISEMENT

Jokowi: Kasus COVID-19 Turun, Kesembuhan Naik, BOR Turun

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 19:26 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan PPKM Level 4 di Jawa-Bali turun menjadi PPKM Level 3. Keputusan ini dilatarbelakangi indikator-indikator perkembangan pandemi COVID-19 di dalam negeri.

Hal ini disampaikan Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Latar belakang penurunan PPKM dari Level 4 ke Level 3 adalah angka kasus terkonfirmasi COVID-19 (angka positif COVID-19), angka kesembuhan, dan bed occupancy ratio (BOR) atau tingkat keterisian ranjang rumah sakit.

"Sejak titik puncak kasus pada tanggal 15 Juli 2021, kasus terkonfirmasi positif terus menurun dan sekarang ini sudah turun sebesar 78%," kata Jokowi.

Angka kesembuhan juga naik lebih tinggi ketimbang penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19. Indikator perkembangan pandemi COVID-19 ini terdeteksi selama beberapa pekan terakhir.

"Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap penurunan keterisian tempat tidur, BOR nasional yang saat ini berada pada angka 33%," kata Jokowi.

"Untuk itu, pemerintah memutuskan mulai tanggal 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021 beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari level 4 ke level 3," kata Jokowi.

(dnu/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT