Saksi Ungkap Ciri-ciri 3 Pria yang Buang Benda Mirip Bom di Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 15:10 WIB
Penemuan benda mirip bom dalam tong sampah di Bekasi, Jawa Barat, bikin geger warga. Benda itu kini sudah didisposal oleh Tim Gegana dan dipastikan bukan bom.
Tim Jibom melakukan olah TKP di lokasi penemuan benda mirip bom di dalam tong sampah di Bekasi. Polisi sudah memastikan tidak ada bahan peledak pada benda itu. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Bekasi -

Polisi mengejar 3 laki-laki bermotor yang membuang benda mirip bom di Bekasi, Jawa Barat. Warga sekitar sempat melihat 3 pelaku tersebut. Bagaimana ciri-cirinya?

Novida Pakpahan (52), istri Ketua Paguyuban Warga Jalan Caman Utara Baru, Jakasampurna, menceritakan ciri-ciri 3 pelaku tersebut. Diketahui, ketiga pelaku menutup wajah dengan buff.

"Tiga orang pakai buff gambar tengkorak. Bertiga pakai helm, pakai serban tiga-tiganya (di leher)," kata Novida kepada wartawan di lokasi, Senin (23/8/2021).

Ketiga pelaku mengendarai 2 sepeda motor. Tiap orang membawa ransel.

"Bawa ransel. Satu (orang) nungguin dekat pos, dua (orang) jalan mendekati bak sampah," lanjut Novida.

Gelagat pelaku terlihat mencurigakan. Pasalnya pelaku sempat menoleh ke kanan dan ke kiri guna memastikan tidak ada warga yang melihat.

"Tapi sebelum meletakkan gitu, dia celingak-celinguk, ini (saksi) namanya Pak Aji, dia duduk gendong anak di teras, dia lihat ngapain sih itu orang celingak-celinguk, pas celingak-celinguk, dia naruh sesuatu ke bak sampah," tegas Novida.

Novida menjelaskan pelaku meletakkan benda mirip bom itu menggunakan 2 tangannya. Pelaku sangat berhati-hati. Benda itu ditemukan warga sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi.

Warga bernama Aji yang sedang berada di teras rumah itu pun curiga. Seketika Aji keluar dari rumahnya. Pelaku yang mengetahui aksinya terpergok oleh Aji kemudian lari terburu-buru.

"Karena ada yang melihat, tergesa-gesa gitu, ngebut naik motornya. Ini (warga sekitar) juga takutnya (pelaku) bawa tembakan," imbuhnya.

Tak Mengandung Bahan Peledak

Benda mencurigakan dalam gentong sampah itu kemudian didisposal oleh Tim Gegana. Benda dalam kantong plastik hitam itu berisi paku, tetapi tidak mengandung bahan peledak.

"Di dalamnya ada paku," ujar Kombes Aloysius Suprijadi.

Benda mencurigakan itu terbungkus plastik. Benda tersebut telah didisposal oleh Tim Gegana dan tidak ditemukan kandungan bahan peledak di dalamnya.

"Menyerupai bom, tetapi tidak mengandung bahan peledak, bentuknya dibungkus dengan kantong plastik hitam, (bentuknya) kotak," ucap Aloysius.

Benda mencurigakan itu dibuang oleh 3 pelaku pada pukul 09.00 WIB, di Jl Caman Raya, Kelurahan Jatisampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

(isa/mea)