Muhammad Kece Diburu, Pelapor Jozeph Zhang Minta Laporannya Tak Dilupakan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 14:45 WIB

Dugaan Penghinaan Agama oleh YouTuber Muhammad Kece

Belum tuntas kasus Jozeph Paul Zhang, kini muncul YouTuber Muhammad Kece. Dia dilaporkan sejumlah pihak ke polisi gara-gara ucapannya kontroversial hingga menimbulkan berbagai kecaman.

Muhammad Kece dinilai telah menistakan agama Islam. Salah satu yang ia selewengkan adalah ucapan salam. Muhammad Kece mengubah kata 'Allah' menjadi 'Yesus'. Hal itu sampai membuat umat muslim marah hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecamnya.

"Assalamualaikum, warrahmatuyesus wabarakatu," ucap Muhammad Kece di dalam video yang diunggahnya di channel YouTube.

Tak hanya dalam ucapan salam, Muhammad Kece juga mengubah beberapa kalimat dalam ajaran Islam yang menyebut nama Nabi Muhammad SAW.

Hal itu diucapkan Muhammad Kece layaknya seorang muslim sedang menyampaikan khotbah. Namun beberapa kalimatnya diselewengkan.

"Alhamduyesus hirabbilalamin, segala puji dinaikkan kehadiran Tuhan Yesus, bapak di surga yang layak dipuji dan disembah," tutur Muhammad Kece sebelum memulai pidatonya.

YouTuber Muhammad KeceYouTuber Muhammad Kece (Foto: dok ist)

Bareskrim Buru Muhammad Kece

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyatakan laporan terhadap Muhammad Kece itu telah diproses Bareskrim. Dia mengatakan ada empat laporan terhadap Muhammad Kece.

"Proses sedang berjalan," ujar Agus melalui pesan singkat, Senin (23/8).

Agus mengklaim Bareskrim sudah mendeteksi terlebih dahulu dugaan penghinaan Islam oleh Muhammad Kece. Menurutnya, kepolisian juga melakukan patroli siber.

"Gabunganlah, kan viral. Kita ada Cyber Patrol, kalau netizen dapat masa kita nggak. Selanjutnya ada yang buat laporan ke Mabes Polri dan jajaran (dilaporkan ada 4 laporan)," ucapnya.


(haf/haf)