Walkot Tangerang Puji Pelayanan Digital di Kelurahan Nusa Jaya

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 13:38 WIB
Pemkot Tangerang
Foto: Pemkot Tangerang
Jakarta -

Proses pelayanan administrasi kependudukan dengan memanfaatkan teknologi informasi di masa pandemi turut dilakukan oleh Kelurahan Nusa Jaya, Karawaci. Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyebut hal itu membuat pelayanan terhadap warga jadi lebih mudah.

"(Warga dapat) menggunakan aplikasi WhatsApp untuk atur janji dengan kelurahan, jadi kalau sudah selesai tinggal ambil berkasnya, untuk data-data yang dibutuhkan diproses menggunakan aplikasi Pangkas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Arief mengatakan dengan konsep kelurahan digital yang diusung Kelurahan Nusa Jaya, akan membantu proses transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik kepada masyarakat.

"Tujuan aplikasi Pangkas dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam urusan administrasi kependudukan. Saya harap konsep kelurahan digital dapat direplikasi oleh seluruh kelurahan di Kota Tangerang," imbuhnya.

Lebih lanjut, mendukung aktivitas Nusa Jaya Store yakni sentra penjualan produk-produk UMKM dari warga di wilayah Kelurahan Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang. Arief mengapresiasi gagasan pembentukan sentra UMKM yang bisa menjadi wadah penjualan produk-produk lokal hasil tangan warga yang tinggal di Kelurahan Nusa Jaya.

"Produk yang dijual sudah banyak dan kualitasnya tidak kalah dengan dari daerah lain," ujarnya .

Dia menyebut semangat kebersamaan serta gotong royong yang dilakukan oleh warga dapat meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat melalui pembentukan sentra penjualan produk UMKM.

"Nantinya Nusa Jaya Store harus bisa membantu UMKM dari kelurahan lain yang ada di Kota Tangerang. Jadi semangatnya kolaborasi untuk sama - sama berhasil dan sukses memasarkan produk lokal Kota Tangerang," jelasnya yang didampingi Camat Karawaci Wawan Fauzi serta Lurah Nusa Jaya Ian Chavidz.

Untuk diketahui, Keberadaan Nusa Jaya Store sebagai sentra penjualan UMKM menjadi pilihan baru bagi masyarakat untuk memasarkan produknya, di mana sebelumnya Pemkot Tangerang juga telah menjalin kerja sama dengan Tokopedia dengan kanal Ayo Rangkul yang menjual produk khusus UMKM Kota Tangerang.

"Untuk onlinenya bisa gabung di Ayo Rangkul sedangkan untuk permodalan bisa mengajukan melalui Tangerang Bisa untuk UMKM," paparnya.

Sementara itu, Lurah Nusa Jaya, Ian Chavidz menjabarkan proses ide hingga pembangunan Nusa Jaya Store merupakan hasil kolaborasi antara kelurahan sebagai fasilitator dan juga warga masyarakat.

(ega/ega)