Taspen Sumbang 23 Ambulans ke BP2MI untuk Layani Pekerja Migran

Khoirul Anam - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 13:22 WIB
Taspen
Foto: dok. Taspen
Jakarta -

PT Taspen (persero) menyumbangkan sebanyak 23 unit ambulans kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Penyerahan unit ambulans tersebut sebagai dukungan kepada BP2MI dalam menjalankan tugas dan fungsinya melindungi para pekerja migran Indonesia.

Direktur Utama Taspen, Antonius NS Kosasih mengungkapkan bahwa langkah tersebut merupakan partisipasi Taspen untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya BP2MI yang melayani pekerja migran dan keluarganya.

"Ini merupakan partisipasi Taspen untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya bagi BP2MI yang akan melayani pekerja migran dan keluarganya. Kami bersyukur bisa menyerahkan ambulans yang bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Kosasih, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (23/8/2021).

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani mengatakan bantuan tersebut untuk melayani para pekerja migran, baik 4.200.000 pekerja migran yang tercatat resmi dan 5.000.000 pekerja migran yang tidak tercatat resmi.

"Ini kado istimewa di bulan kemerdekaan untuk pekerja migran dan juga keluarga. Terima kasih, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menteri BUMN Erick Thohir. Terima kasih, Dirut Taspen dan Komut Taspen," kata dia.

Benny mengakui pihaknya belum mampu melayani para pekerja migran Indonesia dengan baik. Oleh karena itu, ia berharap bantuan tersebut akan memaksimalkan pelayanan BP2MI bagi pekerja migran yang sakit atau meninggal.

"Dan setiap penanganan mereka (pekerja migran) terkait ambulans, kita hanya mampu melayani mereka melalui sewa dan kontrak. Dan kita berdosa selama ini belum mampu melayani baik pelayanan jenazah maupun sakit untuk keluarga pekerja migran Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan, setiap tahun BP2Mi telah menangani sebanyak 859 jenazah pekerja migran Indonesia. Sedangkan untuk pekerja migran yang sakit sebanyak 1.042 orang telah ditangani.

Sebagai informasi, Kementerian BUMN melalui PT Taspen (persero) menyerahkan sebanyak 23 unit ambulans untuk membantu para pekerja migran Indonesia. Adapun pada tahap pertama, ambulans yang telah diserahkan sebanyak 4 unit.

Unit ambulans yang diserahkan berupa ambulans multifungsi, yakni dilengkapi dengan keranda jenazah. Adapun bantuan ambulans tersebut demi mendukung tugas dan fungsi BP2MI dalam melayani pekerja migran.

(prf/ega)