Lendo Novo Penggagas Sekolah Alam Meninggal, Anies Baswedan-PKS Berduka

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 10:51 WIB
Lendo Novo
Foto: Lendo Novo (Dok. School of Universe).
Jakarta -

Lendo Novo, penggagas dan konseptor sekolah alam, meninggal dunia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga PKS menyampaikan duka cita.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita atas berpulangnya Bang Lendo Novo, penggagas dan konseptor sekolah alam," kata Anies Baswedan di Twitter, Senin (23/8/2021).

Anies mengenang sosok Lendo Novo. Dia mendoakan almarhum Lendo Novo mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Kita kehilangan sosok pendidik dan pejuang lingkungan. Insya Allah husnul khatimah. Semoga karya perjuangannya dicatat sebagai amal jariyah untuk beliau," kata Anies Baswedan.

Ucapan duka cita atas berpulangnya Lendo Novo datang dari PKS. Baik DPP PKS maupun politikusnya mengucapkan duka cita.

"Turut berduka atas berpulangnya Bpk. Lendo Novo, yang menggagas konsep pendidikan Sekolah Alam. Semoga ide dan citai-cita besarnya terus berkembang dan memajukan pendidikan Indonesia," ujar PKS lewat akun Twitter mereka.

Sementara itu, politikus PKS Mardani Ali Sera menceritakan kedekatannya dengan Lendo Novo. Sama seperti Anies, Mardani mendoakan yang terbaik untuk Lendo Novo.

"Saya sempat mengundang beliau dlm program pekanan #ILT utk memberikan pencerahan mengenai Pendidikan kita. Semoga Allah mengampuni segala dosanya & diterima semua amal ibadahnya," ujar Mardani.

Sosok Lendo Novo

Sosok Lendo Novo pernah diceritakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Lendo Novo merupakan lulusan jurusan Teknik Perminyakan dan Manajemen Sumber Daya Energi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia adalah pendiri sejumlah Sekolah Alam yang tersebar di beberapa daerah.

Kala itu, Sandiaga yang menjadi calon wakil presiden RI menyebut Lendo Novo akan menjadi juru kampanye nasional bagi dirinya dan Prabowo Subianto.

"Tadi ada sudah bicara ke Lendo Novo. Salah satunya yang saya alhamdulillah kepastian ini. Pak Lendo Novo aktivis di bidang lingkungan, entrepreneur, pendiri Sekolah Alam, bersedia bergabung juga menjadi jurkamnas kita," kata Sandiaga di Kinanti Building, Jl Epicentrum Tengah, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018).

(gbr/imk)