Round-Up

Deklarasi Besar-besaran Relawan Ganjar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 07:02 WIB
Jakarta -

Deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo digelar secara besar-besaran. Relawan yang menamakan diri mereka 'Sahabat Ganjar' mengklaim menggelar deklarasi dukungan di 34 provinsi, untuk Ganjar sebagai calon presiden (capres) 2024.

Sahabat Ganjar di Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar di sebuah rumah di Desa Bangilan, Kecamatan Kapas. Dilakukan secara sederhana, namun tetap menerapkan prokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19.

Selesai deklarasi, relawan Ganjar ini menggelar bakti sosial. Sahabat Ganjar membagikan sekitar 100 paket sembako, yang didapat dari hasil patungan pengurus Sahabat Ganjar Bojonegoro.

Sambil membagikan sembako, Sahabat Ganjar juga memperkenalkan sosok Ganjar. Narasi yang dibangun, Gubernur Jawa Tengah itu merupakan sosok pemimpin yang didambakan.

"Kita mendambakan seorang pemimpin masa depan Indonesia dan Ganjar Pranowo bagi kami beliau satu-satunya," ucap Ketua Sahabat Ganjar Bojonegoro, Muhammad Nur Muwahidin, kepada detikcom, Minggu (22/8/2021).

sahabat ganjar bojonegoroSahabat Ganjar Bojonegoro membagi-bagikan paket sembako ke warga. (Foto: Ainur Rofiq) Foto: Ainur Rofiq

Dukungan terhadap Ganjar sebagai penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebetulnya lebih dulu menggema di Blitar Raya, bertepatan dengan HUT ke-76 RI. Relawan yang mengatasnamakan diri Ganjarist, mendeklarasikan dukungannya di sebuah rumah, di Jalan Palem, Kota Blitar.

Penjaringan relawan Ganjar di Blitar Raya ini dimulai sejak 3 bulan lalu. Proses kaderisasi dan simpatisan hasil pendataan terakhir diklaim sebanyak 3.800 orang, dan ditargetkan terus bertambah.

"Dengan kredibilitas dan kapabilitas Pak Ganjar sebagai Gubernur Jateng dan hasilnya bagus sekarang, kami yakin Pak Ganjarlah yang mampu meneruskan program-program Jokowi sekarang," kata Ketua Ganjarist Blitar, Yusuf Wibisono saat berbincang, Rabu (18/8/2021).

"Harapan kami, nanti Pilpres 2024 Pak Ganjar mendapatkan rekomendasi dari parpol apapun. Syukur-syukur dari tempat menginduknya sekarang (PDIP)," imbuhnya.

Ganjarist Blitar merasa tepat dukungan dideklarasikan saat ini, meski Pilpres 2024 masih hitungan tahun. Alasannya, persiapan menuju 2024 tak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan.

"Banyak yang menilai deklarasi Ganjarist Blitar Raya terlalu dini. Premature. Akan tetapi tidak sama sekali bagi kami. Karena kinerja relawan jika waktunya instan akan dirasa sangat berat. Kami ingin meringankan beban kami sendiri di hari H nanti," tutur Yusuf.

Deklarasi dukungan untuk Ganjar juga dihelat di Yogyakarta dan di Kuningan, Jabar. Baca selengkapnya di halaman berikutnya.