Fadli Zon Sorot Twit Jokowi Berbahasa Inggris, Setneg Sebut Perhatian

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Agu 2021 21:49 WIB
Faldo Maldini
Foto: Faldo Maldini (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Fadli Zon menyoroti tweet Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena menggunakan bahasa Inggris, saat memberikan ucapan selamat atas pelantikan Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia yang baru. Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara (Stafsus Mensesneg), Faldo Maldini, menganggap sorotan Fadli sebagai bentuk perhatian kepada Presiden Jokowi.

Faldo awalnya berbicara perihal hubungannya dengan Fadli Zon. Dia mengaku kerap berbicara menggunakan bahasa Minang dengan Fadli. Baik Faldo maupun Fadli memang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar).

"Kalau saya bicara sama Bang Fadli biasanya pakai bahasa Indonesia, walaupun saya yakin beliau bisa bicara bahasa Minang. Saya yakinlah, walaupun Bang Fadli tidak selama saya di kampung," kata Faldo kepada wartawan, Minggu (22/8/2021).

"Ya, yang penting sama-sama paham dan nyaman, orang lain juga paham. Tidak pernah saya anggap Bang Fadli kehilangan identitas Keminangannya," imbuhnya.

Faldo menjelaskan Jokowi menggunakan bahasa Inggris bukan karena merasa tidak serumpun dengan PM Malaysia. Menurut Stafsus Mensesneg bidang komunikasi dan media itu, penggunaan bahasa Inggris dimaksudkan agar dapat dimengerti oleh komunitas Internasional.

"Presiden pakai bahasa Inggris, juga dalam konteks yang kira-kira mirip, kayak saya dan Bang Fadli. Bukan berarti, tidak merasa satu rumpun. Yang penting, pesannya tersampaikan. Selain itu dapat dipahami oleh komunitas internasional lainnya, yang bahasanya berbeda," papar Faldo.

Faldo mengungkapkan Presiden Jokowi tetap menggunakan bahasa Indonesia ketika pertemuan bilateral dengan PM Malaysia. Dia mengucapkan terima kasih untuk Fadli karena masih perhatian kepada Jokowi.

"Dalam pertemuan bilateral dengan Malaysia, Presiden pakai bahasa Indonesia. Jadi tidak mengurangi makna apa-apa. Tapi, kami ucapkan terima kasih untuk Bang Fadli yang terus perhatian," pungkas politisi PSI itu.

Diberitakan sebelumnya, Fadli Zon menyoroti tweet Jokowi juga melalui Twitter, menggunakan akun @fadlizon. Dia meyakini PM Malaysia yang baru tetap mengerti maksud Jokowi jika ucapan selamat diberikan menggunakan bahasa Indonesia.

"Bagusnya P @jokowi ucapkan selamat dalam bahasa Indonesia, karena negara tetangga kita Malaysia bahasanya serumpun. P @IsmailSabri60 pun paham bahasa Indonesia," tulis Fadli, Minggu (22/8/2021).

Simak juga video 'Jokowi Soroti Angka Kematian Covid-19 di Jatim Cukup Tinggi!':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)