Cerita Pengunjung Dengar Ledakan di Margo City: Kayak Suara Meriam!

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 19:39 WIB
Depok -

Ledakan terjadi di Mal Margo City, Depok, sore tadi. Seorang pengunjung bernama Danar menceritakan detik-detik ledakan itu terjadi.

"Bapak tahu meriam 17-an (17 Agustus) kalau upacara? Kencang sekali. Ambruk, baru api, (ada) ledakan dulu," kata Danar saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/8/2021).

Danar dan istrinya bernama Ratna tiba di Margo City sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu pasangan suami-istri ini masing-masing ke toilet.

Danar keluar duluan dari toilet pria. Dia mengaku tidak lama berselang terdengar suara ledakan keras.

"Setelah selesai duluan (keluar), tiba-tiba terdengar suara ledakan sepersekian detik langsung black out. Terus langsung ada reruntuhan plafon, eh kalau plafon itu tipis, ini ternyata batu-batu gede," ungkap Danar.

Dia mengaku tidak mengetahui asal ledakan itu. Danar hanya mengaku melihat sejumlah korban terluka saat mencoba keluar dari area gedung.

"Kita di luar ternyata ada empat korban. Tiga luka ringan dan satu luka berat," jelas Danar.

Hingga kini polisi masih menyelidiki peristiwa tersebut. Hasil pengecekan polisi menyebut adanya plafon yang jatuh di area Margo City. Polisi membantah adanya ledakan di lokasi.

Sementara itu, laporan awal yang diterima Damkar Depok, ambruknya atap tersebut karena adanya ledakan. Hanya, belum bisa dipastikan sumber ledakan tersebut.

"Itu kan laporan warga jam 16.20, jadi anggota ke sana itu ya. Kalau untuk sementara ledakan tabung gas ya," kata Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok Denny Romulo saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/8/2021).

Sementara itu, pihak Damkar juga menerima laporan adanya korban luka parah. Saat ini korban sudah dibawa ke rumah sakit.

"Ada korban jiwa satu orang luka parah. Tim sudah berkoordinasi dengan Tim 119 untuk bantuan ambulans membawa korban ke RS," katanya.

Peristiwa ledakan itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Akibat ledakan, plafon Margo City ambruk.

Plafon ambruk terjadi tidak hanya di dalam gedung, tetapi juga di luar gedung. Plafon yang ambruk bahkan menimpa beberapa mobil yang parkir di luar gedung Margo City Mall.

(ygs/mea)