Taliban Berkuasa di Afghanistan, RI Siap Bantu Ciptakan Perdamaian

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 15:32 WIB
Menlu Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi (Foto: dok. Kemlu)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia telah mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan Indonesia berharap agar perdamaian dan stabilitas di Afghanistan dapat tercipta.

"Sebagai penutup, dapat saya sampaikan bahwa Indonesia terus berharap agar perdamaian dan stabilitas dapat tercipta di Afghanistan," kata Retno dalam konferensi persnya di akun YouTube MoFA Indonesia, Sabtu (21/8/2021).

Retno mewakili Indonesia berharap agar Afghanistan bisa bebas konflik melalui 'Afghan-Led' dan 'Afghan-Owned'. Hal itu, menurutnya, demi kebaikan rakyat Afghanistan.

"Indonesia terus berharap proses politik yang inklusif, yang 'Afghan-Led, Afghan-Owned', masih memiliki peluang untuk dilakukan demi kebaikan rakyat Afghanistan," ujarnya.

Selanjutnya, Retno juga mengatakan Afghanistan dapat mementingkan hak kaum perempuan. Indonesia, kata Retno, tentu akan membantu perdamaian khususnya pada kerja sama pemberdayaan perempuan.

"Indonesia juga berharap agar kaum perempuan Afghanistan dihormati hak-haknya. Dan Indonesia terus berkomitmen untuk membantu menciptakan perdamaian di Afghanistan, terutama melalui kerja sama pemberdayaan perempuan," katanya.

Lebih lanjut Retno mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Hadi Tjahjono atas kerja sama evakuasi ini.

"Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Panglima TNI dan jajarannya, KaBIN dan jajarannya, dan tentunya kepada seluruh tim evakuasi," ujarnya.

Sebelumnya, Afghanistan dikuasai Taliban dan membuat situasi saat ini semakin mencekam. Pemerintah Indonesia mengevakuasi WNI yang berada di Afghanistan.

Simak video 'Indonesia Berharap Perdamaian dan Stabilitas Bisa Tercipta di Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)