Indonesia Berharap Perdamaian dan Stabilitas Bisa Tercipta di Afghanistan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 04:22 WIB
Jakarta -

Pemerintah Indonesia berharap perdamaian tercipta di Afganistan. Masyarakat Afganistan segera menyelesaikan konflik yang membuat negara tersebut tidak stabil.

"Indonesia berharap agar perdamaian dan stabilitas dapat tercipta di Afghanistan. Indonesia terus berharap proses politik yang inklusif yang Afgan life, Afgan own, masih memiliki peluang untuk dilakukan demi kebaikan rakyat Afghanistan" ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021).

Selain itu, Indonesia juga berharap agar perempuan bisa dihormati di Afganistan. Indonesia terus berkomitmen untuk menciptakan perdamaian di Afganistan.

"Indonesia berharap agar kaum perempuan Afghanistan dihormati hak-haknya, dan Indonesia terus berkomitmen untuk membantu menciptakan perdamaian di Afghanistan, terutama melalui kerjasama pemberdayaan perempuan," katanya.

Diketahui, peristiwa politik telah terjadi di Afganistan dimana Kelompok Taliban telah menguasai dan mengambil alih pemerintahan. Kondisi ini membuat suasana politik di Afganistan tidak stabil.

Karena itu pula, Indonesia mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU). WNI-WNI itu tiba di Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/8/2021) dini hari.

(aik/aik)