GoSend Kirimkan Paket Buah ke Warga Isoman-Nakes di Jabodetabek

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 18:53 WIB
Gojek-Airlangga Hartarto
Foto: Gojek
Jakarta -

Menyambut kegiatan tahunan Gelar Buah Nasional (2021) oleh Kementerian Koordinator bidang Perekonomian baru-baru ini, GoSend dan para mitra-driver turut berpartisipasi mengirimkan paket buah kepada warga penyintas COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri di wilayah Jabodetabek.

Partisipasi ini merupakan bagian dari dukungan GoSend terhadap inisiatif pemerintah yang terus mengajak berbagai pihak untuk ikut serta bergotong royong di masa pandemi. Pada saat yang bersamaan, gelaran ini menjadi momentum penting bagi peningkatan konsumsi buah di masyarakat yang angkanya masih cukup rendah. Meningkatkan angka konsumsi buah akan berdampak pada meningkatnya produksi dan investasi usaha buah di Indonesia.

Rangkaian kampanye kebaikan buah tersebut dilanjutkan dengan pembagian bingkisan buah pada hari Selasa (10/8), kepada para tenaga kesehatan di beberapa Rumah Sakit, pasien COVID-19 yang sedang menjalani isoman, dan peserta vaksinasi.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan pemberian bingkisan buah di Rumah Sakit Persahabatan mengaku sangat gembira mendapat laporan bahwa bertepatan dengan pelaksanaan GBN, angka pasien penyintas COVID-19 di Rumah Sakit Persahabatan turun menjadi 40 persen. Menurutnya, perkembangan tersebut sudah sesuai dengan tujuan Pemerintah ketika mengambil kebijakan PPKM untuk mengurangi mobilitas dan memutus mata rantai COVID-19.

"Kami kemarin merayakan GBN yang ke-6 dan membagikan 6.000 paket buah. Diharapkan buah dapat mendorong imunitas. Karena kita kaya akan buah, diharapkan juga ini bisa mendorong masyarakat untuk mengonsumsi buah Indonesia," kata Airlangga dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Head of Logistics Business Gojek Steven Halim mengatakan melalui partisipasi dalam Gelar Buah Nasional ini, GoSend sebagai salah satu mata rantai logistik mendukung penuh inisiatif pemerintah untuk meningkatkan konsumsi buah terutama di masa pandemi ini.

"Melalui jasa pengiriman yang mudah dan cepat, kami yakin dapat memperluas dampak kebaikan buah bagi masyarakat melalui penggunaan aplikasi yang aman dan sesuai dengan protokol PPKM yang sedang berjalan," imbuhnya.

Kegiatan ini pun sejalan dengan gerakan #BangkitBersama yang diinisiasi oleh Group GoTo, dimana layanan-layanan yang berada dalam ekosistem GoTo hadir membantu masyarakat, termasuk UMKM dan pekerja sektor informal, dan para mitra untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi COVID-19, sekaligus membantu percepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Para mitra driver Gojek yang telah menjadi garda depan pelayanan turut berkontribusi menggerakkan roda perekonomian di masa sulit ini dengan mengantarkan berbagai kebutuhan seperti makanan, vitamin, dan barang-barang lain, kepada masyarakat yang harus membatasi mobilitas.

Gojek juga memberikan bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terpapar COVID-19 dan terpaksa harus berhenti bekerja untuk sementara waktu. Selanjutnya, Gojek juga berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta untuk mengakselerasi vaksinasi COVID-19 bagi mitra driver.

Program kesejahteraan bagi Mitra Driver, lanjut Steven, telah menjadi komitmen berkelanjutan dengan ditopang berbagai inisiatif mulai dari penyediaan perlengkapan kesehatan yang mendukung operasional mitra di saat pandemi. Selain itu ada juga jaminan asuransi kesehatan, program bantuan sembako, paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver dan keluarga.

Secara reguler, lanjut Steven, Gojek juga telah menjalankan program Swadaya untuk meringankan beban harian mitra driver. Pada program Swadaya, mitra driver dapat mengakses berbagai produk dan layanan dengan harga terjangkau yang khusus diberikan untuk Mitra Driver Gojek.

"Ke depannya Gojek akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun sektor swasta untuk dapat meminimalisasi dampak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi," tutup Steven.

(ega/ega)