Polri: 53 Terduga Teroris Ingin Gunakan Momen Hari Kemerdekaan untuk Teror

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 17:16 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (tengah)
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (tengah). (Karin/detikcom)
Jakarta -

Densus 88 telah menangkap 53 orang terduga teroris selama medio Agustus 2021 atau menjelang HUT ke-76 RI. Polri menyebut para terduga teroris itu ingin memanfaatkan momen Hari Kemerdekaan RI dengan menebar aksi teror.

"Ini sesuai dengan keterangan daripada beberapa tersangka yang kita lakukan penangkapan, ya memang kelompok JL sendiri dan dia ingin menggunakan momen 17 Agustus, Hari Kemerdekaan (untuk meneror)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/8/2021).

Argo mengatakan rencana aksi teror tersebut bisa digagalkan. Polri telah menangkap para terduga teroris itu sejak 12 Agustus hingga 17 Agustus 2021.

"Sebelumnya sudah kita lakukan penangkapan atau pengamanan terhadap beberapa orang, 53 orang yang tersebar di 11 provinsi yang dimulai tanggal 12 Agustus sampai 17 Agustus," ucapnya.

Seperti diketahui, terakhir Densus 88 Antiteror Polri menangkap 5 terduga teroris di empat wilayah. Mereka diketahui berasal dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

"Lima tersangka teroris ditangkap pada Senin (16/8) dan Selasa (17/8), kelompok JI," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (19/8).

Kelima orang itu berinisial CA, AF, SAT, AMR, dan NW. Mereka ditangkap di wilayah Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sumatera Utara (Sumut), dan Maluku.

Dengan penambahan 5 tersangka teroris yang ditangkap, kini Densus telah menangkap 53 orang sejak Kamis (12/8).

Lihat juga video 'Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Pekalongan':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)