Berbagi Bekal Jadi Bapak dengan Balutan Humor di Instagram bapak2ID

Idham Aulia Shaffansyah - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 16:35 WIB
bapak2ID
Foto: bapak2ID
Jakarta -

Kehadiran media sosial khususnya Instagram telah banyak memberikan ruang bagi content creator untuk mengekspresikan diri hingga menyuarakan keresahan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, bagi kita sebagai penikmat konten tentunya bisa mendapatkan banyak wawasan dari akun-akun media sosial yang berbagi hal bermanfaat.

Salah satu akun Instagram yang namanya telah besar dan telah banyak memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari adalah bapak2ID. Sebagian besar dari kita mestinya sudah cukup familiar dengan kehadiran bapak2ID di dunia Instagram.

Akun Instagram yang dipunggawai oleh persona Pak James, Pak Marsani, Pak Agus, Pak Nuang, Pak Munawir, dan Tuan Yayat ini bersifat pseudonim, namun sukses menjaring masa hingga 706K pengikut untuk sementara ini.

Lalu, apa sebenarnya daya tarik dari bapak2ID ini?

bapak2IDbapak2ID Foto: bapak2ID

Pada prinsipnya, bapak2ID adalah sebuah media yang menyasar bapak-bapak muda tanggung. Untuk menjadi seorang bapak, rasanya tidak ada guidelines atau petunjuk saklek. Semua serba fleksibel dan menyesuaikan gaya masing-masing.

Oleh karena itu, bapak2ID hadir sebagai media yang berbagi tips untuk menjadi seorang bapak melalui citra pengalaman yang pernah dialami keenam persona yang sudah menjadi bapak-bapak. Tips-tips yang dibagikan bapak2ID di akun Instagram mereka punya tujuan baik untuk para audiens, yaitu agar lebih disayang istri, anak, bos, orang tua, mertua, saudara, kerabat, dan handai tolan.

Tips atau konten seperti apa sih yang dibagikan oleh bapak2ID kepada audiensnya?

bapak2ID dengan prinsip dan tujuannya sering membagikan konten mulai dari investasi, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai seorang bapak-bapak, suami, atau teman, hingga petuah-petuah motivasi. Konten-konten dari bapak2ID tersebut dibalut dengan humor ala bapak-bapak, sehingga membuat audiens merasa bisa mencerna konten dengan mudah walaupun kadang isinya berat.

Tidak melulu fokus pada bapak-bapak, bapak2ID juga memiliki fokus untuk membahas audiens-audiens yang lebih muda, mereka yang perjalanannya dirasa masih panjang, dan tentunya butuh banyak petunjuk dan petuah hidup. bapak2ID biasa menyebut mereka dengan sapaan 'adik2'. Konten-konten yang dibagikan biasanya berkaitan dengan apa yang perlu dipersiapkan untuk menjalani kehidupan selanjutnya, atau cara mengatasi masalah yang dihadapi anak-anak muda ini.

bapak2IDbapak2ID Foto: bapak2ID

Melalui akun bapak2ID ini tentunya sudah banyak manfaat yang diberikan untuk masyarakat khususnya audiens dari bapak2ID. Terlebih lagi dalam kehidupan ini kadang banyak hal yang kita tidak tahu, tidak tahu bagaimana cara memecahkan sebuah masalah, tidak tahu caranya berkomunikasi dengan orang lain, bahkan tidak tahu bagaimana caranya mengungkapkan perasaan.

Maka bapak2ID ini secara tidak langsung telah menjadi sebuah guidelines dalam berbagai hal.

(mul/ega)