Istiqlal Gelar Salat Jumat dengan Prokes Ketat, Begini Penampakannya

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 14:15 WIB
Suasana Salat Jumat di Masjid Istiqlal dengan prokos ketat
Suasana salat Jumat di Masjid Istiqlal dengan prokes ketat. (Nahda/detikcom)

Hal yang sama diungkap oleh jemaah bernama Gunawan (45). Dia yang datang ke Masjid Istiqlal bersama istrinya menjelaskan bahwa pada saat memasuki pintu gerbang Masjid Istiqlal, dia dan istrinya juga diperiksa suhu tubuhnya dan dimintai bukti vaksin.

"Iya. tadi pas sebelum masuk gerbangnya kita dicek suhu tubuh terus ditanyain bukti vaksinnya. Udah sih gitu aja," ujar Gunawan.

Gunawan menjelaskan bahwa alasan dia dan istri pergi ke Masjid Istiqlal adalah lokasinya tidak jauh dari rumah. Dia mendapatkan informasi dari internet bahwa Masjid Istiqlal sudah kembali dibuka.

"Pengen ngerasain salat Jumat di sini. Lihat di internet sih Masjid Istiqlal buka sekarang. Makanya nyoba ke sini. Lagi pula nggak terlalu jauh dari rumah," ucapnya.

Terkait persyaratan vaksin sebagai ketentuan masuknya ke tempat ibadah dan sarana umum lainnya, Gunawan berpandangan bahwa hal ini baik sekali. Namun terdapat beberapa orang yang belum mengetahui aturan tersebut.

"Ya bagus-bagus aja sih. Emang kan harus vaksin. Cuma memang karena mungkin ada yang belum tahu harus bawa kartu vaksin, jadi sosialisasinya lebih dikuatin aja sih," katanya.

Sementara itu, jemaah lain bernama Iwan (25) memilih salat Jumat di Masjid Istiqlal lantaran jaraknya dekat dengan kantor.

"Ya itu karena dekat dari kantor, terus saya lihat juga kan di berita, katanya Masjid Istiqlal buka untuk salat Jumat hari ini. Jadinya ya udah, saya salat di sini," ucap Iwan.

Iwan mengatakan bahwa persyaratan vaksin yang dibuat oleh pemerintah adalah hal yang bagus. Dia berharap angka penyebaran COVID-19 cepat menurun agar hidup normal kembali.

"Kalau saya sih ya baguslah. Ini upaya pemerintah mungkin biar angka COVID menurun. Kan kita juga pengen hidup normal kayak kemarin," katanya.


(fas/fas)