Beda dengan Gatot Nurmantyo, MAKI Nilai Korupsi Orba-Sekarang Sama Buruknya

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 08:19 WIB
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendatangi gedung KPK. Kedatangannya untuk beri bukti tambahan terkait pelanggaran kode etik Ketua KPK, Firli Bahuri.
Boyamin Saiman (Ari Saputra/detikcom)

Untuk diketahui, Gatot Nurmantyo menilai kehidupan bangsa dan negara di RI saat ini menunjukkan adanya distorsi dan disorientasi. Menurutnya, kehidupan nasional saat ini jauh dari nilai dasar dan cita-cita nasional.

"Sejak tahun lalu sesungguhnya telah disampaikan dalam maklumat KAMI bahwa perkembangan terakhir perjalanan kehidupan bangsa dan negara menunjukkan adanya distorsi dan disorientasi kehidupan nasional dan nilai dasar dan cita-cita nasional," kata Gatot, seperti dikutip dalam video di akun Instagram-nya, Kamis (19/8/2021).

Gatot bahkan menyebut penegakan hukum di Indonesia kian memburuk. Dia lantas mengatakan korupsi saat ini lebih buruk dibandingkan di era Orde Baru.

"Faktanya pembentukan dan penegakan hukum di Indonesia dalam kondisi yang sangat buruk, korupsi merajalela melebihi Orde Baru, ketimpangan sosial demikian terasa, perekonomian dalam kondisi memprihatinkan meskipun dikatakan mengalami pertumbuhan tapi realitasnya banyak orang susah mempertahankan hidup secara layak," ujarnya.


(maa/aud)