Anggota DPR soal Habib Bahar Tinju Ryan Jombang: Hak Remisi Bisa Hilang

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 05:30 WIB
Ditjenpas Kemenkumham membagikan foto bukti Ryan Jombang dan Habib Bahar bin Smith sudah berdamai
Ryan Jombang (kiri) dan Habib Bahar (kanan) (dok. Humas Ditjenpas Kemenkumham)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP, Arsul Sani mendesak agar Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tidak menutup-nutupi jika ada persoalan yang terjadi di dalam lapas. Arsul memperingatkan persoalan seperti penganiayaan Habib Bahar Bin Smith terhadap Ryan Jombang bisa berujung pada terjadinya kerusuhan di dalam lapas.

Awalnya Arsul menjelaskan kasus penganiayaan seperti yang dilakukan Habib Bahar memang tipikal kasus yang sering terjadi di lapas Indonesia. Menurutnya persoalan itu biasa dipicu oleh adanya utang-piutang di dalam lapas.

"Kasus yang diberitakan sebagai penganiayaan oleh Habib Bahar terhadap Ryan Jombang itu memang tipikal kasus yang sering terjadi di lapas kita. Kami di Komisi III juga menerima laporan tentang napi yang berkelahi atau menganiaya napi lain karena urusan seperti utang-piutang di antara mereka," kata Arsul kepada wartawan, Kamis (19/8/2021).

Dengan demikian, Arsul menilai seharusnya Ditjen PAS mulai menertibkan persoalan ini. Menurutnya bukan berarti dilarang sepenuhnya, tapi diawasi agar tidak terjadi bentuk bentuk tindak pidana baru di dalam lapas.

"Ditertibkan itu tidak berarti harus dilarang, tetapi perlu diatur dan diawasi prakteknya agar akibat yang timbul tidak merupakan bentuk tindak pidana baru di lapas seperti tindakan penganiayaan atau yang lainnya. Ketika terjadi pelanggaran terhadap aturannya maka itu bisa menjadi alasan hilangnya hak untuk mendapat remisi atau pembebasan bersyarat," ucapnya.

Wakil Ketua Umum PPP ini menyebut penganiayaan di dalam lapas juga bisa berujung pada kerusuhan di lapas. Karena itu, dia mendesak Ditjen PAS tidak tertutup soal insiden yang terjadi di lapas.

"Sebenarnya kalau soal penganiayaan itu kan sudah ada aturan tentang tertib warga binaan pemasyarakatan. Bahkan karena itu tindak pidana maka masuk dalam kategori Pasal 351 KUHP. Nah yang paling penting jajaran Pemasyarakatan jangan terkesan menutup-nutupi ketika ada kasus tanpa ada penindakan. Karena jika mereka biarkan ini nanti bisa jadi pangkal kerusuhan di lapas," ujarnya.

Simak video 'Adu Opini Kubu Habib Bahar Vs Ryan Jombang soal Pemukulan':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/idn)