Round-Up

Penerbangan Perdana Pesawat Kepresidenan Usai Berganti Warna

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 20:11 WIB
Jakarta -

Pesawat kepresidenan Indonesia-1 atau pesawat BBJ-2 dengan penampilan barunya mengudara di langit Bumi Pertiwi untuk pertama kali pagi tadi. Pesawat dengan warna merah-putih itu membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Jawa Timur.

Momen tersebut diunggah di akun Instagram Jokowi, Kamis (19/8/2021). Jokowi tampak memberi hormat sesaat sebelum memasuki pesawat yang telah dicat merah itu.

"Selamat pagi. Saya ke Jawa Timur, pagi ini, untuk kunjungan sehari bersama rombongan terbatas," tulis Jokowi di Instagram.

Ini pertama kalinya Jokowi melakukan kunjungan kerja menggunakan pesawat kepresidenan yang berwarna merah. Seperti diketahui, pesawat tersebut sebelumnya berwarna biru dan putih

"Saya hendak meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat di Kabupaten Madiun. Selain itu, saya akan mengunjungi satu pabrik pengolahan porang," sambung Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jatim. Pada kunkernya, Jokowi menaiki pesawat kepresidenan yang sudah dicat merah.Presiden Jokowi hendak memasuki pesawat kepresidenan yang sudah dicat merah. (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, agenda kerja pertama yang akan dilakukan Presiden Jokowi pada kunjungan kali ini adalah meninjau vaksinasi COVID-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun. Presiden Jokowi juga akan melakukan konferensi video dengan peserta vaksinasi serupa di sejumlah provinsi lain.

Selepas itu, Presiden Jokowi akan menuju Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Di sana dia akan meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat.

Pada siang harinya, Presiden diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.

Adapun agenda terakhir dalam kunjungan kerja Presiden kali ini adalah mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac. Pada kesempatan yang sama, Presiden juga akan melakukan groundbreaking perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani.

Selesai rangkaian acara, Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Pengecatan ulang pesawat kepresidenan ini sempat dikritik oleh oposisi. Baca di halaman berikutnya.