Teroris KKB Kontak Tembak dengan Petugas-Bakar 3 Rumah di Yahukimo Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 15:42 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Foto Ilustrasi Penembakan (AFP)
Yahukimo -

Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua membakar 3 rumah warga di Kabupaten Yahukimo. Kontak tembak dengan petugas sempat terjadi saat anggota KKB membakar 3 rumah warga, tepat di ibu kota Yahukimo, Dekai.

"Kontak tembak berlangsung sekitar satu jam. Tidak ada anggota kami yang menjadi korban dalam kontak tembak di pusat kota Yahukimo pada Selasa kemarin," ungkap Kepala Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi, Kombes Faisal Ramadhani, di Jayapura, Kamis (19/8/2021).

Sementara itu, aksi pembakaran 3 rumah warga dilakukan anggota KKB sejak Senin (16/8) hingga Selasa (17/8). Tidak ada korban jiwa saat pembakaran dilakukan.

Anggota KKB yang terlibat pembakaran 3 rumah warga di Dekai diduga berasal dari kelompok Tenius Gwijangge yang bermarkas di Kabupaten Nduga.

"Kelompok Tendius diperintahkan oleh pimpinannya Lekagak Telenggen dari Nduga ke Yahukimo untuk menebar aksi teror di sana. Kelompok ini memiliki lima pucuk senjata laras panjang dan dua pucuk senjata laras pendek," jelasnya.

Kelompok Tendius juga yang menembak empat pekerja bangunan hingga tewas dan seorang warga sipil yang terluka berat di Kampung Bingki, Distrik Seredala, Kabupaten Yahukimo pada 24 Juni 2021.

Saat ini dua Tim Satgas Nemangkawi telah ditugaskan untuk mengejar para pelaku, bahkan pimpinan telah mempersiapkan tambahan anggota.

"Dua tim Satgas Nemangkawi yang berjumlah 20 personel sementara mengejar kelompok ini. Rencananya kami akan menambah jumlah personel ke sana, " tambah Faisal.

(nvl/nvl)