Terbang ke Jatim, Jokowi Naik Pesawat Kepresidenan yang Sudah Dicat Merah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 09:45 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini terbang ke Jawa Timur untuk kunjungan kerja. Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan yang telah dicat merah.

Momen Jokowi naik ke pesawat kepresidenan itu diunggah di akun Instagram Jokowi, Kamis (19/8/2021). Jokowi tampak memberi hormat sesaat sebelum memasuki pesawat yang telah dicat merah itu.

"Selamat pagi. Saya ke Jawa Timur, pagi ini, untuk kunjungan sehari bersama rombongan terbatas," tulis Jokowi di Instagram.

"Saya hendak meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat di Kabupaten Madiun. Selain itu, saya akan mengunjungi satu pabrik pengolahan porang," sambungnya.

Agenda Jokowi di Jatim

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, agenda kerja pertama yang akan dilakukan Kepala Negara pada kunjungan ini adalah meninjau vaksinasi COVID-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun. Presiden juga akan melakukan konferensi video dengan peserta vaksinasi serupa di sejumlah provinsi lain.

Selepas itu, Presiden akan menuju Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat.

Pada siang harinya, Presiden diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.

Adapun agenda terakhir dalam kunjungan kerja Presiden kali ini adalah mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac. Pada kesempatan yang sama, Presiden juga akan melakukan groundbreaking perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani.

Selesai rangkaian acara, Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada sore harinya.

Kontroversi Cat Pesawat Kepresidenan

Pengecatan pesawat kepresidenan ini sempat menjadi kontroversi beberapa waktu lalu. Sebelumnya, cat pesawat kepresidenan adalah biru dan putih.

Yang mempersoalkan cat baru pesawat kepresidenan itu di antaranya adalah PKS dan Demokrat. Kritik muncul karena pengecatan dianggap tidak urgen di saat pandemi.

Penjelasan Istana soal Cat Pesawat Kepresidenan

Pihak Istana telah memberi penjelasan soal pengecatan pesawat kepresidenan. Istana mengatakan pengecatan ulang itu sudah direncanakan sejak dua tahun lalu.

"Dapat dijelaskan bahwa pengecatan pesawat ini telah direncanakan sejak tahun 2019, serta diharapkan dapat memberikan kebanggaan bagi bangsa dan negara," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Heru menjelaskan anggaran untuk pengecatan pesawat kepresidenan itu sudah dialokasikan di APBN. Terkait refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19, Heru menjelaskan hal itu sudah dilakukan.

"Perlu kami jelaskan bahwa alokasi untuk perawatan dan pengecatan sudah dialokasikan dalam APBN. Selain itu, sebagai upaya untuk pendanaan penanganan COVID, Kementerian Sekretariat Negara juga telah melalukan refocusing anggaran pada APBN 2020 dan APBN 2021, sesuai dengan alokasi yang ditetapkan Menteri Keuangan," ujar Heru.

"Dapat pula kami tambahkan bahwa proses perawatan dan pengecatan dilakukan di dalam negeri, sehingga secara tidak langsung, mendukung industri penerbangan dalam negeri, yang terdampak pandemi," sambung Heru.

(imk/mae)