Video 20Detik

Trump Sindir Biden soal Afghanistan: Kita Dipermalukan!

dtv - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 06:40 WIB
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, melempar sindiran kepada Presiden AS Joe Biden. Sindiran itu terkait Taliban yang menguasai Afghanistan.

"Adalah hal yang bagus bahwa kita telah angkat kaki (dari Afganistan). Tapi tidak ada yang menangani penarikan (pasukan) lebih buruk dari Joe Biden. Saya yakin ini adalah rasa malu terbesar, dalam sejarah negara kita," ujar Trump.

"Ini adalah saat yang buruk bagi negara kita. Tidak terpikirkan oleh saya selama bertahun-tahun negara kita bisa begitu dipermalukan. Saya tidak tahu, apakah Anda menyebutnya kekalahan militer atau kekalahan psikologis? Tidak pernah ada hal seperti yang terjadi di sini," tambah Trump.

Taliban telah merebut kembali Afghanistan setelah 20 tahun mereka digulingkan oleh invasi AS. Taliban menguasai Kabul pada hari Minggu waktu setempat setelah 10 hari penyerangan.

Taliban menguasai Afghanistan dua minggu sebelum 31 Agustus, yang merupakan batas waktu yang ditetapkan oleh Biden untuk menyelesaikan penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan.

Di bawah pimpinan Trump, pada 2020, AS menengahi kesepakatan dengan Taliban di Doha. Dalam kesepakatan itu, AS akan menarik semua pasukannya pada Mei 2021, dengan imbalan berbagai jaminan keamanan dari para militan.

Ketika Biden mengambil alih kekuasaan awal tahun ini, dia mendorong mundur batas waktu penarikan dan tidak menetapkan persyaratan.

(gra/gra)