Round-Up

Polemik Mobil Dinas Baru Bikin Gubernur Sumbar Panen Kritik

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 06:32 WIB
Bukittinggi -

Pembelian mobil dinas baru Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) menjadi polemik. Kebijakan itu dikritik oleh beberapa pihak karena dilaksanakan di tengah kondisi pandemi virus Corona (COVID-19).

PAN menyarankan Mahyeldi Ansharullah untuk membeli ambulans daripada mobil dinas baru. Ambulans dirasa lebih bermanfaat di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Mobil dinas itu saat ini bukan hal pokok dan mendesak. Jangan mengalokasikan anggaran APBD yang berasal dari rakyat untuk hal yang hanya dinikmati sendiri," kata Jubir Muda PAN Febri Wahyuni dalam keterangannya, Rabu (18/8/2021).

Fabri Wahyuni, yang kerap disapa Uni Ebi itu, menyarankan Mahyeldi membeli ambulans untuk membantu Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas. Sebab, kini Universitas Andalas tidak lagi mendapat bantuan dari Pemprov Sumbar.

"Daripada beli mobil dinas pribadi, mending Pak Mahyeldi membeli mobil ambulans atau membantu rumah sakit Universitas Andalas yang sedang krisis anggaran, yang tidak mendapatkan bantuan lagi dari Pemprov Sumbar," sebut Eby.

Kemudian, legislator Partai Demokrat Anwar Hafid mengkritik Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy yang membeli mobil dinas baru. Dia menilai keduanya tidak peka dan empati terhadap persoalan pandemi.

"Saya pikir belanja mobil dinas di tengah situasi pandemi seperti sekarang, merupakan gambaran pejabat publik yang kurang peka dan tidak memiliki empati atas persoalan pandemi," kata Anwar, kepada wartawan.

Anggota Komisi II DPR ini mengatakan sebaiknya anggaran itu di-refocusing terlebih dahulu ke kebutuhan lain yang lebih prioritas. Seperti apa yang disampaikan Presiden agar fokus pada keuangan untuk penanganan pandemi.

"Lebih baik anggaran daerah berfokus pada belanja penanganan COVID-19 seperti penyampaian presiden baru-baru ini untuk keuangan nasional yang berfokus pada penanganan pandemi," ujar Anwar.

Gubernur Berdalih Mobil Baru untuk Urus Pandemi


Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy, menjelaskan soal pembelian mobil tersebut. Menurut Mahyeldi, mobil dinas baru digunakan untuk menunjang penanganan COVID-19.

"Justru mobil ini gunanya untuk mengurus pandemi Sumatera Barat. Mengurus kita ke sana-kemari. Apakah ini akan mengganggu anggaran penanganan COVID? Tentu saja nggak," ujar Mahyeldi.

Dia merasa aneh ada keributan sekarang karena pembelian dilakukan dua bulan lalu. Dia menduga ada yang memainkan isu tersebut.

"Itu (mobil) sudah dibeli 2 bulan lalu, tapi kenapa tiba-tiba sekarang (hebohnya). Itu saya heran juga, jangan-jangan ada pesan ini," kata Mahyeldi di Istana Gubernur, Selasa (17/8/2021) petang.