Niat Puasa Asyura dan Doa Berbukanya Dalam Arab dan Latin

Rahma Indina Harbani - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 05:00 WIB
asian muslim people praying before having their food in dining room together for break fasting
Foto: iStock/Niat Puasa Asyura dan Doa Berbukanya Dalam Arab dan Latin.
Jakarta -

Puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram atau jatuh pada Kamis (19/8/2021). Umat Muslim bisa membaca niat puasa Asyura sejak setelah Maghrib paa Rabu (18/8/2021) malam.

Anjuran berpuasa sunnah Asyura di bulan Muharram sudah dicontohkan Rasulullah kepada pengikutnya. Hal ini tercantum dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Berikut haditsnya:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah shalat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim).

Secara bahasa, asyura berasal dari kata 'asyara yang berarti sepuluh. Sepuluh inilah yang menunjukkan tanggal 10 pada bulan Muharram. Dalam kitab al Kasyf wa al-Bayan disebutkan, Allah SWT mewajibkan puasa Asyura di bulan Muharram sebelum turunnya QS Al Baqarah ayat 183.

Namun, setelah turun ayat tersebut, hukum menjalankan puasa Asyura menjadi sunnah. Hal inilah yang menguatkan bahwa puasa merupakan puasa sunnah yang diutamakan.

A. Tata cara puasa Asyura

Tata cara puasa Asyura ini sama dengan puasa sunnah lainnya. Buku Jamuan Ramadhan karya M.A. Fadlan Fatazka menjelaskan, niat puasa bisa dilakukan beberapa waktu sebelum hari H pada malam hari. Artinya, waktu untuk membaca niat dimulai dari masuk waktu Maghrib hingga sebelum terbit fajar.

B. Bacaan niat puasa Asyura

Bacaan niat puasa Asyura dan berbuka adalah sebagai berikut.

Niat puasa Asyura dalam Arab dan latin

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala

Artinya: "Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala"

C. Doa buka puasa Asyura

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Bacaan latin: Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: "Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah."

Keutamaan dari menjalankan puasa Asyura ini dapat menghapus dosa setahun yang telah lalu. Disebutkan dalam riwayat Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori mengatakan:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Jangan lupa baca niat puasa Asyura sebelum melakukan ibadahnya ya detikers. Selamat berpuasa!

(rah/row)