Round-Up

Merah Putih Dipasang Terbalik Jadi Ironi di Kantor Pemerintah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 20:05 WIB

Insiden Serupa Terjadi di Kantor Disdik Belitung Timur

Bukan hanya di Aceh, pemasangan bendera terbalik juga terjadi di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Bangka Belitung (Babel). Kepala Disdik menyebut tidak ada unsur kesengajaan.

"Ketahuan sore (sebelum acara upacara penurunan bandara di kantor Bupati). Jadi memang tidak ada unsur kesengajaan, kekhilafan, kesalahan kawan (pegawai kami) yang naikin bendera," kata Kadisdik Kabupaten Belitung Timur Amrizal saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (18/8/2021).

Bendera merah putih berkibar terbalik di kantor Dinas Pendidikan Belitung Timur. Posisi bendera akhirnya dibetulkan TNI (Screenshot video viral)Bendera Merah Putih berkibar terbalik di kantor Dinas Pendidikan Belitung Timur. Posisi bendera akhirnya dibetulkan TNI. (Screenshot video viral)

Menurut dia, yang menaikkan bendera merupakan pegawai tidak tetap di kantor Dinas Pendidikan Belitung Timur. Dia mengatakan pihak yang menaikkan bendera tersebut sudah bekerja di Disdik Beltim selama 15 tahun.

"Memang tugas dia yang menaikkan bendera. Mungkin lagi apesnya, biasanya tidak pernah terbalik, dia kan sudah bekerja selama 15 tahun jadi tenaga kontrak di Dinas Pendidikan Belitung Timur dan tidak pernah terbalik, mungkin khilaf," katanya.

Bendera Merah Putih yang terpasang terbalik di Kantor Disdik Belitung Timur terjadi pada hari Selasa (17/8) pagi. Lanjut Amrizal, kondisi tersebut baru diketahui sore sebelum acara upacara penurunan bandara di kantor Bupati.

"Jadi tugas pegawai ini biasanya pagi-pagi bersih-bersih, menaikkan bendera, menurunkan bendera, biasanya seperti itu. Kebetulan pada saat pagi itu tidak ada orang di kantor (libur 17)," sebutnya.

"Kami dari Dinas Pendidikan Belitung Timur Mohon maaf kepada masyarakat. Tidak ada unsur kesengajaan, kekhilafan, dan tidak ada unsur sengaja di balik ini," tambahnya.

Bendera Merah Putih itu akhirnya diturunkan beberapa anggota TNI setelah mendapatkan kabar dari warga. Setelah diturunkan bendera kembali dinaikkan dengan benar.

"Itu yang menurunkan TNI sekitar 15.30 WIB, pas mau upacara penurunan. Kemudian mereka juga yang mengibarkan kembali (membenarkan bandara). Kalau tidak salah dari Koramil Gantung yang menurunkan dan membenarkan," ucapnya.


(eva/isa)